BPJS Kesehatan Biak Bersama Satlantas Polres Biak Gelar Sosialisasi di Kalangan Pelajar

0
83

BIAK, PapuaSatu.com – BPJS Kesehatan Cabang Biak bersama Satlantas Polres Biak serta Jasa Raharja Biak mengadakan sosialisasi terpadu kepada ratusan pelajar SMK Yapis Biak. Rabu, (07/11/2018) di Aula SMK Yapis Biak.
Sosialisasi ini dilakukan dalam rangka memberikan pemahaman sejak dini kepada para pelajar agar menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di kalangan pelajar.
Selain itu juga, kegiatan sosialisasi ini juga untuk memperkenalkan pendidikan berlalu lintas bagi peserta didik agar lebih paham dan mematuhi semua rambu-rambu yang ada sehingga terhindar dari kecelakaan lalu lintas. Dan juga sebagai salah satu upaya untuk mengenalkan pentingnya jaminan kesehatan kepada generasi muda sejak dini.
Kepala bidang Penjamin Manfaat rujukan BPJS Kesehatan Cabang Biak Wirdaos Alamhudi mengatakan, tingkat kepesertaan JKN – KIS mencakup seluruh penduduk Indonesia terutama pada pelajar yang masih duduk dibangku sekolah serta masih menjadi tanggung jawab orang tua.
“Pelajar wajib memiliki kartu JKN-KIS dan juga harus memahami fungsi bagi pemegang kartu JKN-KIS agar dapat digunakan sesuai prosedur atau mekanisme pelayanan peserta JKN.” Ujar Wirdaos
Rata-rata pelajar masuk dalam usia rawan resiko kecelakaan lalu lintas, sehingga diharapkan dengan adanya sosialisasi tersebut apabila terjadi kasus kecelakaan maka dapat di tangani dengan baik oleh pihak Jasaraharja maupun BPJS Kesehatan.
“Sosialisasi bersama Jasaraharja dan Satlantas Polres Biak Numfor ini bertujuan untuk memberikan kepastian atau informasi sejak dini terkait fungsi daripada kartu JKN-KIS itu sendiri dan bagaimana para pelajar mematuhi rambu-rambu lalu lintas agar terhindar dari kasus kecelakaan lalu lintas, baik ganda maupun tunggal.” jelas Wirdaos.
Dirinya juga menambahkan terkait koordinasi manfaat jaminan laka lantas, BPJS Kesehatan berkewajiban menangggung kasus kecelakaan tunggal sebagai penjamin pertama dan murni ditanggung oleh BPJS Kesehatan tentunya dengan laporan polisi yang dikeluarkan satuan Lalulintas.
Sedangkan untuk kecelakaan ganda, PT. Jasa Raharja berperan sebagai penanggung pertama, dan BPJS Kesehatan selaku penanggung kedua apabila kasus tersebut telah dirawat di rumah sakit dan melebihi dari 20 jt.
Sementara itu Kasatlantas Polres Biak Numfor, AKP Andhika Temanta Purba,SIK mengatakan, sosialisasi membangun budaya tertib berlalu lintas dikalangan pelajar ini merupakan upaya dalam memberikan pemahaman kepada pelajar sejak dini. Dan juga, untuk menanamkan kesadaran pentingnya mengutamakan keselamatan dalam berkendara.
“Dengan di gelarnya kegiatan ini di harapkan bisa menumbuh kembangkan sikap disiplin dalam berlalu lintas sehingga dengan harapan dapat menekan angka kecelakaan dikalangan pelajar. Diharapkan pula para siswa yang terlibat dalam kegiatan itu dapat menyebarluaskan kepada teman-teman tentang tata cara berlalu lintas yang benar. “ ungkap Kasatlantas Polres Biak
Andhika menambahkan meskipun ada jaminan, para pelajar wajib menjaga ketertiban berlalu lintas, menjaga keselamatan dijalan dan dapat menjadi pelopor dalam menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas dimasing-masing sekolahnya.[hie]