Info Terkini dari Nduga, 15 Selamat 16 Meninggal

0
1224
Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin dan Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Yosua P Sembiring saat melihat langsung kondisi korban yang telah berhasil dievakuasi ke Wamena mengunaan pesawat Helicopter milik TNI AD

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dari data tetkini yang dikeluarkan Penerangan Kodam (Pendam) XVII/Cenderawasih, Kamis (6/12/2018) pukul 10.00 WIT, diketahui sudah ada 15 orang selamat yang dievakuasi dari Distrik Yigi dan Distrik Mbua, Kabupaten Nduga.
“Sampai saat ini data yang kami himpun tentang keberadaan warga sipil yang berada di Distrik Mbua dan Distrik Yigi, 15 orang selamat, diantaranya adalah 7 orang karyawan PT Istaka Karya, 6 orang pekerja bangunan Puskesmas Mbua dan 2 orang pekerja SMP Mbua,” ungkap Wakapendam XVII/Cenderawasih, Letkol. Inf. Dax Sianturi dalam dalam keterangan persnya, Kamis (6/12/2018).
Untuk korban meninggal dunia, Letkol Dax menyatakan bahwa, total yang berhasil ditemukan adalah 16 orang, yakni 15 orang ditemukan di Puncak Kabo dan satu anggota TNI di Pos 755/Yalet di Mbua.
Untuk korban luka tembak dari aparat, ada dua orang, yaitu satu anggota TNi dan satu orang anggota Polri.
“Sedangkan warga sipil yang ditemukan selamat, masing-masing bernama Johny Arung, Tarki dan Mateus,” ungkap Letkol Dax lebih lanjut.
Untuk korban meninggal dunia, lanjutnya, belum berhasil teridentifikasi.
“Sehingga belum bisa dipastikan apakah keseluruhan 16 korban tersebut adalah karyawan PT Istaka Karya,” jelasnya.
Terkait personil Polri dari Brimob yang terkena tembakan saat kontak senjata dengan KKSB di Puncak Kabo, kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Drs. AM Kamal, adalah atas nama Bharatu Wahyu (23) yang mengalami luka tembak di bagian lengan kanan.
“Bharatu Wahyu (23) yang mengalami luka tembak di bagian lengan kanan dan saat ini sudah dievakuasi ke Wamena untuk mendapat perawatan,” ujar Kabid Humas kepada wartawan di Wamena, Kamis (6/12/2018).
Tim aparat gabungan TNI-Polri terlibat baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Puncak Kabo, Distrik Yal, Kabupaten Nduga saat aparat gabungan melakukan evakuasi terhadap pekerja korban pembataian KKB.
Tim aparat gabungan TNI/Polri masih terus melakukan pencarian terhadap karyawan PT Istaka Karya dan pekerja lainnya, karena dari data yang didapatkan saat kejadian terdapat 24 orang karyawan yang melakukan pengerjaan jembatan tersebut. [loy/aj]