PT Istaka Karya Tanggung Jawab Sampai Ke Keluarga Korban

0
393
Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin,M.Si saat menyerahkan hasil identifikasi jenazah korban pembantaian oleh KKB kepada Dirut PT Istaka Karya Sigit Winanto, Jumat (7/12/2018)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Pihak perusahaan, yakni PT Istaka Karya yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan akan menanggung seluruh keperluan terkait pengurusan semua karyawannya yang menjadi korban pembantaian oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Nduga, awal Desember 2018 ini.

Hal itu sebagaimana diungkapkan Direktur Utama PT. Istaka Karya, Sigit Winanto dalam kesempatan perss conference bersama Kapolda Papua, Irjen Pol Drs. Martuani Sormin dan Pangdam XVII/Cenderawasih, Yosua P Sembiring, di Hanggar Bandara Mozes Kilangin Timika, Jumat (7/12/2018).

“Pada saat kejadian,  karyawan kami tercatat sebanyak 27 orang, kemudian ada 1  karyawan merupakan anggota dari PUPR atas nama Bapak Hotagaol, dalam kaitan ini masih dalam proses pencarian, 28 karyawan tersebut melakukan pekerjaan pembangunan jembatan di ruas Mugi-Habema yang merupakan pembanguan Jalan Trans Papua,” ungkapnya.

Sigit dlam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pangdam dan Kapoda Papua  dan seluruh jajaran aparat keamanan terkait yang telah melakukan upaya-upaya luar biasa mengatasi peristiwa yang menewaskan puluhan karyawan PT Istaka Karya tersebut, serta melakukan evakuasi terhadap para korban yang selamat maupun yang meninggal dunia.

“Kami bertanggung jawab penuh untuk para korban sampai ke keluarganya masing-masing, kami juga menanggung semua kompensasi dan santunan  kepada pihak keluarga, dan keluarga besar BUMN akan memberikan santunan kepada keluarga korban dan beasiswa kepada anak-anak korban yang masih kecil sehingga dapat melanjutkan sekolah sampai tingkat SMA,” ungkap Sigit lebih lanjut.

Prajurit TNI dan Polri saat meletakkan jenazah di hanggar Bandara Mozes Kilangin Timika sebelum diterbangkan ke kampung halamannya, Jumat (7/12/2018)

Untuk korban sendiri, Kabid Humas POlda Papua, Kombes Pol. AM Kamal mengungkapkan bahwa hingga  Jumat (7/12/2018) pukul 15.00 WIT, sudah teridentifikasi 16 jenazah dari karyawan PT Istaka Karya dan telah diberangkatkan ke tempat tinggal keluarganya menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU.

16 korban tersebut diterbangkan ke rumah duka setelah proses identifikasi jenazah telah selesai dilakukan oleh Tim DVI Polda Papua di back up Tim DVI Mabes Polri.

“Untuk Jenazah tujuan Makassar, Toraja, Palu, Kaltim dan NTT, akan diturunkan di Bandara Hasanudin Makassar, selanjutnya berganti kendaraan  menuju kota masing- masing dan jenazah dengan tujuan Sumut akan diturunkan di Jakarta yang kemudian berganti pesawat menuju Medan,” ungkapnya.

Pihak perusahaan memberikan kuota masing-masing jenazah maksimal 3 orang keluarga untuk sebagai pendamping/pengantar.

Berikut rincian daftar jenazah yang telah teridentifikasi yang telah diberangkatkan ke kota tujuan :

  1. Agus, laki-laki, Islam, 25 tahun, tinggi 163 cm, alamat lengkap Botong , Desa Bontomanal RT 020 RW 019 Kecamatan Bongaya Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan;
  2. Jefri Simaremare, laki-laki, Kristen, tinggi badan 168 cm, alamat Tebing Tinggi Sumatra Utara;
  3. Alpianus, laki-laki, Kristen, Umur 25 tahun, tinggi badan 173 cm, alamat lengkap Kantun Poya Kepala Pitu Toraja Utara 91854;
  4. Yosafat, laki-laki, tinggi badan 162 cm, alamat Toraja;
  5. Fais, laki-laki, tinggi badan 156 cm, alamat Makasar;
  6. Carli Vatrino, laki-laki, Kristen, Umur 23 tahun, tinggi badan 164 cm, alamat lengkap Tambunan Sanggalangi Toraja Utara 91852;
  7. Yusran, laki-laki, Kristen, tinggi badan 167 cm, alamat Toraja;
  8. Aris Usi, laki-laki, Kristen, tinggi badan 162 cm, alamat Toraja;
  9. Agustinus K, laki-laki, Kristen, Umur 41 tahun, tinggi badan 170 cm, alamat lengkap Pangala, Kecamatan Rinding Allo Toraja Utara;
  10. Anugrah, laki-laki, 17 Tahun, Kristen, alamat Poya, Toraja;
  11. Emanuel, Laki-laki, 32 Tahun, Kristen, alamat jalan Sonbay RT/RW 006/002 Kel, Kefamenanu Tengah, kota Kefamenanu, kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur;
  12. Daniel Karre, Laki-laki, 41 Tahun, Kristen, Alamat Pangalla, Kecamatan Rinding Allo Kabupaten Toraja Utara;
  13. Samuel Pakiding, Laki-laki, Alamat Bukit Sion Kelurahan Jahab Kabupaten Tenggarong, Kalimantan Timur;
  14. Efrandi Hatagaul, laki-laki, 27 Tahun Alamat Tebing Tinggi Sumatra Utara;
  15. Markus Allo, laki-laki, Alamat Toraja.
  16. Dino Kondo, laki-laki, Alamat Kelurahan Tampo, talunglipo, Toraja.[yat]