Salah Gunakan ADK dan ADD, Kepala Kampung Siap Terima Sanksi Terberat

0
110
Kepala Inspektorat Kabupaten Jayapura, Meyer Suebu
Kepala Inspektorat Kabupaten Jayapura, Meyer Suebu

SENTANI, PapuaSatu.com – Inspektorat Kabupaten Jayapura mulai fokus melakukan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan Negara yang diturunkan ke setiap kampung baik lewat Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Alokasi Dana Kampung (ADK).

Pengawasan ini  dilaksanakan karena anggaran dikucurkan ke kampung-kampung meruapkan dana yang bersumber dari keuangan Negara.

“Kami tidka melihat besar atau kecilnya anggaran akan tetap kami ingin tau manfaat dari dana kampung itu sendiri, harus kami tau apakah sesuai peruntukan atau tidak,”  ujar Inspektur Kabupaten Jayapura, Meyer Mianto C. Suebu, S.E., M.Si, Rabu (30/1/2019) kemarin siang.

Sebelum dilakukan pengawasan, Meyer  mengajak para kepala kampung di Kabupaten Jayapura agar menggunakan dana Kampung sesuai aturan perundang-undang yang berlaku.

“Ya sebelum ada temuan harus sadar diri, karena kalau tidak maka sanksi terberat bagi para kepala Kampung yang menyalahgunakan kewenangan ada penjara,” tukasnya.

Meyer mengeaskan, Inspektorat sebagai lembaga pengawas internal dari Pemerintah selalu bertanggungjawab membina dan mengawasi.  “selain kami dari Inspektroran melakukan pengawasan, Bamuskam selaku mitra pemerintah juga ikut membantu melakukan pengawasan,” kaatanya.

2018 lalu, lanjut Meyer, Inpektorat banyak temuan di lapangan  baik itu bersifat kesalahan administrasi maupun lain-lainnya.  “Kami akan berupaya semaksimal mungkin,guna menghindari penyalahgunaan keuangan di tingkat kampung,” pungkasnya. [mi/loy]