Tidak Ada Ijin, Kelompok KNPB yang Berorasi di Pos Tujuh Sentani Digirin ke Polres

0
153
Kelompok KNPB ketika berorasi di Padang Bulan, Sabtu (1/12/2018)

SENTANI, PapuaSatu.com – Karena tindak memiliki ijin kegiatan dari kepolisian, Sabtu (1/12/2018) pagi kelompok KNPB yang mengelar orasi di Pos Tujuh Sentani langsung digiring ke Mapolres Jayapura, Sentani.

Sejumlah anggota dan simpatisan KNPB wilayah Sentani yang diamankan, sedang mengelar orasi terkait peringatan hari Papua merdeka.

Kapolres Jayapura, Victor Dean Macbon, ketika dikonfirmasi PapuaSatu.com membenarkan bahwa telah mengamankan sekelompok orang yang merupkan angota dan simpatisan KNPB tersebut.

“Sebenarnya selama mau berorasi tidak dilarang, tetapi ada aturan atau undang-undang yang memberlakukan untuk penyampaian di muka umum,” ungkap Kapolres.

Ditegaskan bahwa pihaknya tidak menutup pintu untuk siapa saja berorasi.

“Tetapi kalau tidak ada ijin, berarti sama saja itu sudah menggangu Kamtibmas, dan nanti kan kasihan juga untuk masyarakat yang lain, karena dengan adanya hal seperti ini, tentunya aktivitas masyarakat yang lain terganggu,” ucap Kapolres Victor Macbon.

Lanjutnya, apabila ada masyarakat yang kurang puas dan ingin menyampaikan pendapatnya, semua ada mekanismenya atau aturan.

Setibanya di Mapolres, kata Kapolres, para angota dan simpatisan KNPB diperiksa dan diberikan pencerahan.

“Jadi mereka ini kita bawa untuk penyidik memeriksa Barang Bukti (BB) semacam HP maupun yang lainnya. Selain itu mereka ini kita bawa untuk memberikan mereka sedikit pencerahan dan yang terpenting itu kita hanya mencegah, agar masyarakat tidak terganggu dalam aktivitas maupun kepentingannya,” ungkap victor.[yat]