Noken dan Plakat Kulit Kayu Jadi Souvenir PON XX

0
70

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua siapkan tas noken dan plakat kulit kayu sebagai salah satu souvenir Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Provinsi Papua.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua, Max Olua, mengatakan persiapan souvenir PON XX sesuai dengan arahan Gubernur untuk mengangkat keunikan budaya Papua serta keunggulan dan potensi lokal dalam menyukseskan pelaksanaan PON tahun 2020 nanti.

“Jadi, sesuai arahan Gubernur maka noken dan plakat kulit kayu menjadi salah satu potensi budaya lokal yang akan dikembangkan guna mendukung penyelenggaaraan PON XX pada 2020,” kata Max Olua kepada wartawan di Jayapura, Selasa (30/10/2018).

Dikatakan, plakat kulit kayu dan noken ini akan digunakan untuk melengkapi suvenir yang akan diberikan kepada atlet ketika pengalungan medali usai pertandingan.

“Jika di daerah lain, usai pengalungan medali maka akan diberikan suvenir PON berupa boneka, maka di Papua berbeda, yakni selain medali juga akan diberikan plakat kulit kayu,” ujarnya.

Menurut Olua, pelaksanaan PON XX tahun 2020 di Provinsi Papua dapat mengangkat harkat dan martabat masyarakat Papua serta mengangkat keunikan dan keunggulan serta potensi-potensi lokal yang bernuansa budaya untuk promosi baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Potensi lokal ini juga dapat dikemas dalam industri kerajinan masyarakat asli Papua sehingga dengan adanya PON 2020 dapat memberikan dampak bagi warga,” ujarnya. [piet]