Pembangunan Infrastrktur PON XX Masuk Program Prioritas RPJMD

0
74
Caption: Sekda Provinsi Papua, TEA. Hery Dosinaen, S.IP MKP. Foto: Piet Balubun / PapuaSatu.com
Caption: Sekda Provinsi Papua, TEA. Hery Dosinaen, S.IP MKP. Foto: Piet Balubun / PapuaSatu.com

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Sekretaris daerah Provinsi Papua, Hery Dosinaen, S.IP.,MKP, mengatakan pembangunan infrastrktur PON XX tahun 2020 masuk dalam pembahasan program prioritas pembangunan jangka panjang RPJMD Papua 2018-2023.

“Ya, program prioritas untuk tahun 2020 itu pembangunan infrastrktur PON XX dan aspek lain yang berkaitan dengan PON juga dalam rangka pelayanan dasar itu juga menjadi catatan penting,” kata Sekda Papua, Hery Dosinaen, S.IP.,MKP, usai pembukaan Musrenbang di hotel aston Jayapura, Kamis (6/12/2018).

Menurut Sekda, sesuai arahan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia bahwa 40 persen dana otonomi Papua dialokasikan untuk mendukung pelaksanan PON XX tahun 2020.

“Hal ini juga sesuai dengan intruksi Bapak Gubernur, akan fokus membicarakan pembangunan  infrastuktur venue maupun hal –hal yang berkaitan dengan  PON  XX Papua tahun 2020,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Papua meminta Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo dan Menteri Keuangan untuk mengalihkan dana infrastuktur yang bersumber dari dan Otsus Papua agar mempercepat pembangunan venue PON XX tahun 2020.

“Jadi, kami hanya minta kepada Presiden untuk memrintahkan Menteri Keuangan agar kita pakai dana Otsus khusus infrastuktur ini mendukung pembangunan venue – venue demi kepentingan PON 2020,” kata Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, S.IP MH di Jakarta, Senin (8/10/2018).

Menurut Enembe, dana Otsus Papua tidak bisa di pakai untuk kegiatan lain, tapi sesuai peruntukkanya tertera dalam aturan yang ada.

“Memang dalam aturannya tidak ada dana Ifrastuktur Otsus ini untuk pembangunan ifrastuktur PON,tetapi kami minta agar dana Otsus ini bisa lagi alihkan lagi untuk mendukung pembangunan venus olahraga PON 2020,” jelasnya.

Dikatakan, Presiden Joko Widodo menerima semua usulan itu, termasuk Presiden juga memberikan dukungan serta suportnya untuk kesuksesan PON 2020 di Papua yang sangat luar biasa.

Gubernur Lukas Enembe juga mengakui telah melaporkan progress pelaksanaan PON XX di Papua termasuk semua kekurangan.

“Untuk progresnya sejauh ini khusus pembangunan stdaion utama Papua Bangkit sudah mencapai 75 persen dan beberapa venue yang perlu kita bangun lag itu sudah kita laporkan kepada bapak Presiden Jokowi,” ujarnya.

Diharapkan ada dukungan tambahan APBN) 2019 karena Pemerintah Provinsi Papua masih perlu butuh dana yang besar lagi untuk menyelesaikan pembangunan beberapa venue olahraga.

“Perlu kita tau bersama bahwa PON 2020 di Papua ini menyangkut harga diri masyarakat Papua, sehingga semua aspek harus sukses baik penyelenggaraanya dan juga prestasinya, tentu kita Pemerintah Provinsi Papua siap melaksanakan pesta olahraga empat tahunan dengan sukses,” katanya. [piet]