Terdampar di Pulau Wairundi, 11 Warga Berhasil Diselamatkan SAR

0
104

MANOKWARI, PapuaSatu.com– Tim Seaech And Rescue (SAR) Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Manokwari berhasil evakuasi 11 orang yang terdampar dan terjebak di Pulau Wairundi, Wondama, Provinsi Papua Barat.

George Lep Mercy Randang, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manokwari, dari 11 korban tersebut ada juga anak kecil.

“Korban semuanya selamat. Tidak ada korban jiwa atas insiden peristiwa tersebut,”kata George Leo Mercy Randang, kepadan wartawan, Sabtu (27/10/2018).

Dikatakannya bahwa berdasarkan informasi yang diterima pihaknya, para korban terdampar dan kehabisan bahan makanan (Bama), maka para korban hanya bertahan hidup dengan memakan buah kelapa.

“Ya, stok makanan habis. mereka makan kelapa dan airnya untuk bisa bertahan hidup,” ujar George.

Oleh sebab itu, lanjut dia, pihak lansung ke pulau tersebut sekitar dengan sekitar empat jam. Dimana, pihaknya mulai bergerak pukul 22.09 WIT.

“Setelah tiba, di pulau itu kami lansung evakuasi para korban sekitar pukul 02. 30 WIT,” katanya.

Dalam operasi itu, dia menyebutkan, pihaknya menurunkan dua unit raider BPPT dan scoci untuk mengevakuasi para korban. Namun, kapal tidak bisa sandar karena masuk di kawasan berkarang. Sehinggga, kapal hanya berlabuh dengan jarak dari bibir pantai 700 meter.

“Para korban kami evakuasi sekitar pukul 4. 00 WIT dalam keadaan selamat semuanya. Kami berikan berupa makanan ringan. Kami tiba di Manokwari sekitar pukul 08.05 Wit. Kami berterima kasih berkat doanya, para korban selamat berhasil dievakuasi,” tandasnya.[free]