PON XX Tahun 2020 Butuh Seribu Angkutan Umum

0
30

JAKARTA, PapuaSatu.com – Pemerintah Provinsi Papua membutuhkan seribu unit kendaraan untuk mendukung kegiatan operasional selama perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun  2020.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua, Recky Ambrauw mengatakan, pihaknya sudah menurunkan tim untuk mendata kebutuhan kendaraan operasional di lima wilayah klaster penyelenggaraan PON, yakni Kota/Kabupaten Jayapura, Mimika, Merauke, Jayawijaya dan Biak.

“kebutuhan kendaraan yang kita butuhkan sekitar seribu, kita juga sudah rapat koordinasi dengan Dirjen Transportasi Angkutan Darat dan Moda, dan dihadiri kepala Dinas perhubungan Kabupaten/kota Papua,” ungkap Ricky Ambrauw kepada wartawan usai mendampingi Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal Road Show ke Kementerian Perhubungan Republik Indonesia  (Kemenhub RI), Kamis, (8/11/2018).

Selain membahas kendaraan untuk operasional PON, kata Ricky, Kemenhub akan membantu Pemerintah Provinsi Papua berupa fasilitas keselamatan jalan (rambu lalu lintas) serta rekayasa lalu lintas.

“Puncak kemacetan pasti terjadi saat pelaksaan PON, makanya pak Dirjen sudah nyatakan akan membantu Papua untuk bagaimana mengatur rekayasa lalulintas di lima klaster penyelenggaran PON,” kata Ambrauw.

Dari pertemuan itu, lanjutnya, Dirjen Transportasi atau Angkutan Darat dan Moda, sangat mendukung pelaksanaan PON di Papua, dan mereka ternyata selama ini menunggu kami berikan masukan.

Dengan demikian, Dirjen Transportasi atau Angkutan Darat dan Moda akan membentuk tim untuk turun ke Papua, dan kerja sama dengan instansi terkait di Pemprov Papua dalam rangka kebutuhan transportasi darat guna mendukung penyelenggaraan PON Papua.

Lebih lanjut ia menyebutkan, operasional layanan angkutan PON sudah mendapat respon dari Menteri Perhubungan, serta akan membantu Papua mensukseskan PON di bumi Cenderawasih. [piet]