600 Personil Pasukan TNI Makassar Perkuat Pengamanan di Nduga

0
198

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Sebanyak 600 personil pasukan TNI dari kesatuan Yonif 431 dan Yon Zikon Makassar tiba di Timika untuk memperkuat pengamanan pembangunan jalan Trans Papua.

Pasukan khusus tiba pelabuhan Portsite PT. Freeport Indonesia kabupaten Mimik dengan menggunakan Kapal KRI dr. Suroso milik TNI-AL,  Jumat 8 Maret 2019.

Mereka di sambut Danrem 172/VWY Kolonel Inf Jonathan Binsar Sianipar selaku Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dan Kolakops) didampingi Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf M Aidi.

“Proses debarkasi tadi pagi pada 08.00 WIT ditandai dengan upacara penerimaan pasukan dipimpin oleh Danrem 172/VWY Kolonel Inf Jonathan Binsar Sianipar selaku Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dan Kolakops),” kata Aidi dalam press releasenya, Sabtu 9 Maret 2019.

Aidi menambahkan, keberangkatan pasukan ke Nduga di bagian  dua bagian yakni,  proses embarkasi tim edvance berangkat ke Kenyam Nduga dengan pesawat Helly. Sementara sisa pasukan akan berangkat melaluai jalur sungai diperkirakan waktu tempuh selama 3 hari.

“Kehadiran pasukan ini pasti ada banyak dinamika baik itu gangguan keamanan, medan maupun cuaca yang tidak memungkinakan. Jadi kehadiran mereka sudah siap untuk melakukan pengamanan di sana,” pungkas Aidi. [loy]