Anggota Polres Jayapura Kota Ditantang Untuk Ungkap 4 Kasus Curanmor Per Bulan

0
74
32 personil Polres Jayapura Kota yang menerima penghargaan dari Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustaf R Urbinas

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Kapolres Jayapura Kota, Gustaf R Urbinas memberi tantangan bagi seluruh satuan fungsi di lingkungan Polres Jayapura Kota untuk bisa mengungkap 4 kasus pencurian kendaraan bermotor.

Dan bagi satuan fungsi yang mampu mengungkap 4 kasus curanmor dalam satu bulan, dijanjikan akan mendapat penghargaan khusus dari Kapolres.

Hal itu diungkapkan Kapolres dalam amanatnya saat memimpin upacara pemberian penghargaan kepada personil yang berprestasi sekaligus penyerahan Piala Bhararesta U-12 dan pelepasan “Bifore Papua Futsal Club” untuk mengikuti babak 34 besar Liga Futsal Nusantara 2018 di Surabaya, di lapangan apel Mapolres Jayapura Kota, Rabu (31/10/2018).

Penghargaan khusus tersebut, karena upaya pengungkapan kasus Curanmor di Kota Jayapura merupakan salah satu program prioritas AKBP Gustaf R Urbinas sejak awal penugasannya sebagai Kapolres Jayapura Kota.

Yang mana, dalam beberapa kali operasi, telah berhasil mengamankan sekitar 200 unit sepeda motor hasil kejahatan Curanmor, dan sebagian besar telah dikembalikan kepada pemiliknya.

Saat ditemui usai upacara pemberian penghargaan, Kapolres mengungkapkan bahwa pemberian reward khusus tersebut sebagai salah satu upaya untuk memberikan semangat kepada angotanya untuk lebih meningkatkan pengungkapan kasus Curanmor.

“Dengan tujuan untuk menekan angka, termasuk penyelesaian perkara,” jelasnya.

Dikatakan, bahwa selain menekan angka Curanmor, pihaknya juga terus mengoptimalkan fungsi penjagaan, yaitu patrol-patroli dan penyuluhan-penyuluhan dari Binmas dan Bhabinkamtibmas.

“Dengan angka yang cukup tingi, artinya kita harus berbuat banyak untuk penyelesaian perkara dalam hal mengungkap ataupun membantu masyarakat untuk menemukan kendaraan yang hilang,” jelasnya.

Untuk pengungkapan kasus Curanmor, Kapolres menyatakan bahwa dari hasil operasi sejak Bulan April 2018, pihaknya sudah berhasil mengungkap sekitar 200 sepeda motor yang diduga kuat hasil Curanmor.

“Tahun ini sudah kurang lebih 200 kendaraan bermotor roda dua dalam upaya kegiatan kepolisian yang ditingkatkan, dan juga operasi Pekat, dan juga upaya menciptakan situasi yang kondusif pasca pelantikan Gubernur dan memasuki Pileg dan Pilpres. Itu telah kami lakukan mulai bulan April sampai dengan terakhir kemarin operasi pekat,” ungkapnya.

Untuk pemberian penghargaan yang diberikan kepada 32 personil pada Rabu (31/10/2018) pagi, adalah berdasarkan pertimbangan dan penilaian, sehingga personil yang bersangkutan dinilai layak untuk diberikan reward berupa penghargaan.

Penghargaan yang diberikan juga sebagai ucapan terima kasih pimpinan kepada personil, berkat prestasi dan kinerja yang baik serta dedikasi dan loyalitas yang tinggi yang diberikan kepada kesatuan, dan juga dalam melayani masyarakat maupun pengungkapan kasus untuk upaya mewujudkan Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Jayapura Kota.[yat]