Lagi, di Pelabuhan Laut Jayapura Pemilik dan Buruh TKBM Pembawa Ganja Diringkus

0
124

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Aparat kepolisian kembali berhasil menggagalkan upaya pengiriman narkotika jenis ganja melalui Pelabuhan Jayapura, Senin (12/11/2018) sekitar pukul 16.30 WIT.
Kali ini, seorang calon penumpang KM Ciremai berinisial AW (17) dan seorang buruh bagasi atau Tenaga Kerja Bongkar Muat Barang (TKBM) berinisial EK, diringkus aparat kepolisian dari Polsek Kawasan Pelabuhan Laut, karena kedapatan membawa narkotika jenis ganja kering.
Dari tangan AW, aparat berhasil menyita narkotika jenis ganja dengan berat sekitar 560 gram. Sedangka dari tersangka EK disita narkotika jenis ganja dengan berat 1 kg.
“Pelaku atas AW hendak naik ke atas kapal dengan melewati pintu pemeriksaan tiket, selanjutnya personil yang saat itu sedang melakukan pengamanan, melihat dan mencurigai gerak-gerik pelaku dan melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan berupa tas punggung warna merah merek “BADDICK” yang sedang dibawa pelaku,” ungkap Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. AM Kamal dalam keterangan persnya, Selasa.
Setelah dilakukan pemeriksaan, ditemukan 21 kantong plastik bening ukuran sedang yang dililit dengan lakban warna coklat dan disimpan dalam saku celana jeans yang diduga berisikan narkotika jenis ganja kering.
Selanjutnya pelaku dan barang bukti diamankan di Mapolsek Pelabuhan Laut Jayapura untuk dilakukan pemeriksaan awal.
“Dari hasil pemeriksaan awal, pelaku mengaku mendapatkan barang bukti yang diduga Narkotika jenis ganja tersebut diambil bersama dengan temannya atas nama Bayer dari seorang wanita atas nama Yanti di Dok IX Inpres, Distrik Jayapura Utara yang ditukar dengan Solar Cell, untuk selanjutnya akan dibawa ke Kabupaten Biak.
Pelaku, kata Kabid Humas, akan menjual lagi ganjanya dengan harga Rp. 500 ribu hingga Rp 1 juta, serta untuk dipakai sendiri.
Sedangkan Buruh TKBM Pelabuhan Jayapura, diketahui membawa narkotika jenis ganja saat pelaku sedang mengangkat tas Rinjani dan hendak naik ke atas kapal melalui tangga naik.
Personil yang saat itu sedang melakukan pengamanan melihat tas Rinjani tersebut, melakukan pemeriksaan dan berhasil menemukan ganja kering yang dikemas dalam plastik warna hitam dan dililit dengan kelambu nyamuk warna putih.
EK (41) mengaku membahwa tas Rinjani yang berisikan daun ganja kering dari buruh luar berinisial YF dengan pesanan untuk dibawa ke Dek V KM. Ciremai.
Guna proses penyelidikan dan proses hukum lebih lanjut, para pelaku dan barang bukti diserahkan kepada Sat Narkoba Polres Jayapura Kota.[yat]