Sepakat, Pendirian Mapolres di Sinak dan Mapolsek di Mapenduma Dipercepat

0
403
Bupati Nduga, Yairus Gwijangge dan Kapolda Papua Irjen Pol. Martuani Sormin saat menuju ruangan tempat berdialog dengan paramedis dan guru korban kekerasan KKB yang sedang dirawat di RS Bhayangkara, Selasa (30/10/2018).

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Pasca peristiwa penyanderaan dan tindakan kekerasan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap tenaga medis dan guru di Mapenduma, Bupati Nduga, Yairus Gwijangge dan Kapolda Papua Irjen Pol. Martuani Sormin bersepakat untuk mempercepat pendirian Markas Polres di Sinak ibukota Kabupaten Nduga, dan Polsek di Distrik Mapenduma.

Hal itu, dicapai dalam kesempatan kunjungan Bupati Yairus bersama Kapolda ke RS Bhayangkara, Selasa (30/10/2018) untuk menjenguk para korban yang sedang mendapat perawatan atas trauma yang dideritanya.

“Kebetulan bapak Kapolda ada. Saya bilang dipercepat pembentukan Polres  Kabupaten Nduga, dan Polsek Distrik Mapenduma,” ungkap bupati saat ditemui wartawan usai menjenguk dan berdialog dengan para korban di RS Bhayangkara.

Hal itu, kata bupati, agar pelayanan keamanan di Kabupaten Nduga bias lebih optimal sebagaimana daerah-daerah lain.

Dalam kesempatan tersebut, bupati juga menyatakan permohonan maafya kepada para korban dan keluarganya, serta mengutuk keras tindakan KKB.

“Kami harap tidak terulang lagi terhadap para petugas yang nantinya dapat ditugaskan kedepan. Cukup hari ini pertama dan terakhir,” tegasnya.

Untuk pemebntukan Polres Nduga dan Polsek Mapenduma, bupati Yairus menyatakan bahwa pihaknya telah membebaskan sejumlah lahan untuk pendirian Mapolres dan Mapolsek.

Di kesempatan tersebut, Kapolda Papua, Irjen Pol. Martuani Sormin juga menyatakan bahwa telah terjadi kesepakatan dengan Bupati Nduga, Yairus Gwijange, bahwa bupati akan membantu sepenuhnya untuk pendirian Mapolres di Kenyam, Kabupaten Nduga dan Polsek di Mapenduma.

“Yang pertama kita isi Polsek dulu, setelah Polsek Mapenduma diisi, nanti otomatis Polres akan berdiri dengan sendirinya,” jelasnya.[yat]