Polsek Sentani Barat Sosialisasikan Saber Pungli dan Anti Hoax di Kampung Dosay

0
40

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Hari  Jumat (8/2/2019) aparat Polsek Sentani Barat menggelar patroli dan sambaing, sekaligus melaksanakan sosialisasi tentang Pungli, hoax dan Pemilu 2019 aman, damai dan sejuk di Masjid Darussalam Kampung Dosay, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura.

Kegiatan yang dipimpin langsung Wakapolsek Sentani Barat, Iptu Susyanto bersama personil menyambangi warga masyarakat yang sedang berkumpul dan melanjutkan sambang ke Masjid Darussalam Kampung Dosay Distrik Sentani Barat.

Di Masjid Darussalam, setelah melakukan kordinasi dengan jamaah yang pada saat itu baru selesai melaksanakan sholat, Wakapolsek Polsek Sentani Barat kemudian memberikan imbauan-imbauan Kamtibmas sekaligus mensosialisasikan tentang Saber Pungli, anti hoax dan juga Pemilu damai.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolsek Sentani Barat menyampaikan, bahwa Saber Pungli yaitu Sapu Bersih Pungutan Liar ditujukan untuk semua pihak, yakni tidak diperbolehkan melakukan pungutan liar atau pungutan di luar ketentuan atau aturan yang berlaku.

“Oleh karena itu saya mengajak kita semua para guru serta adik – adik  siswa/i sekalian untuk tidak menerima atau melakukan tindakan pungli mari kita tolak pungli,” imbaunya.

Terkait dengan berita Hoax, Wakapolsek Polsek Sentani Barat menerangkan bahwa hoax adalah berita bohong yang sengaja dibuat oleh sesorang atau kelompok untuk sengaja mau tidak sengaja bisa menganggu situasi kamtibmas.

“Oleh karena itu pada kesempatan ini dihimbau kepada para bapak ibu jangan mudah terprovokasi dengan pemberitaan – pemberitaan yang belum tentu kebenarannya yang diposting dimedsos atau mungkin ada isu-isu yang berkembang di masyarakat,” imbaunya.

Wakapolsek Sentani Barat, Iptu Susyanto juga mengajak warga untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019.

Dengan harapan, pileg dan pilpres 2019 dapat berlangsung aman, damai dan sejuk, dengan cara tidak mudah terprovokasi, tidak main hakim sendiri dan terus bekerja sama dengan pihak keamanan.[yat]