Puluhan Pelajar di Papua Jadi Peserta dalam Rumah Pancasila

0
96

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Puluhan pelajar yang berasal dari 15 sekolah pilihan di Kota Jayapura ikut serta dalam workshop rumah pancasila yang diadakan oleh Komunitas Bela Indonesia (KBI) Perwakilan Provinsi Papua, Senin (11/2/2019).

Ketua KBI Papua, Fredy Mambrasar mengungkapkan kegiatan ini merupakan perdana yang dilakukan di Provinsi Papua, dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelajar tentang pancasila. “Pelajar harus diberi pemahaman mengenai nilai serta pilar-pilar pancasila,” disela-sela workshop.

Fredy Mambrasar menyampaikan rasa bangga dan sukcita atas kehadiran pelajar untuk ikut pelatikan. “Pelajar yang hadir cukup banyak, dan mereka dilatih bersama 40 duta pancasila. Mereka akan berinteraksi dan berorganisasi dengan LSM, Mahasiswa serta para tokok agama,” katanya.

Namun dalam kegiatan yang berlangsung, Fredy mengaku KBI yang dilaksanakan tidak ada sangkut pautnya dengan politik. “Selama ini berjalan murni tanpa unsur politik, murni bekerja untuk negara,”akunya.

Bahkan ia mengatakan kegiatan yang sedang dilakukan yakni workshop Rumah Pancasila ini merupakan hasil swadaya dari teman-teman KBI.

Assisten I Kota Jayapura, Evertd Meraudje mengatakan kegiatan rumah pancasila ini sangat penting. Pasalnya nilai pancasila menurun hingga 10%.

“Saya harap kegiatan ini menjadi rutinitas tiap tahun agar penerus bangsa mengerti nilai pancasila dan mampu di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,”ucapnya. [ayu]