Dilantik, Paguyuban Pasundan di Papua Dituntut Berkontribusi Langsung Bagi Masyarakat Papua

Walikota Jayapura, DR. Drs. Benhur Tomi Mano,MM saat menerima benda pusaka Kujang dari Paguyuban Pasundan
Walikota Jayapura, DR. Drs. Benhur Tomi Mano,MM saat menerima benda pusaka Kujang dari Paguyuban Pasundan

JAYAPURA, PapuaSatu.com -Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan, dan Pengurus Cabang Kota/Kabupaten se-Provinsi Papua masa bhakti 2020-2025, resmi dilantik oleh Pengurus Besar Paguyuban Pasundan secara virtual, Selasa (24/11/20).

Pada pelantikan yang digelar di Hotel Horison Kotaraja, Entis Sutisna, tampil sebagai Ketua Pegurus Wilayah Papua.

Entis Sutisna yang juga Direktur PDAM Jayapura, mengungkapkan Paguyuban Pasundan di Papua dituntut untuk dapat berkontribusi langsung bagi masyarakat Papua, yang menjadi pesan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Ketua Pengurus Besar Paguyuban Pasundan, Prof. Didi Turmudji dalam sambutannya secara virtual.

Hal itu diungkapkan Entis Sutisna saat ditemui wartawan usai pelantikan yang dihadiri Walikota Jayapura, DR. Drs. Benhur Tomi Mano,MM dan Kapolresta Jayapura Kota, Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro, AKBP Gustaf Urbinas, dan ratusan warga asal Pasundan di Papua.

“Seperti tadi disampaikan Prof. Didi Turmudji sebagai Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan, dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bahwa paguyuban Pasundan diharapkan bisa memiliki kontribusi langsung bagi masyarakat Papua,” ungkap Entis Sutisna.

Dikatakan, Paguyuban Pasundan telah memiliki ratusan sekolah dasar hingga menengah dan lima perguruan tinggi.

“Dan nanti kita menjalin kemitraan, sehingga nantinya ada putra-putra Papua yang bisa mendapat beasiswa untuk menempuh studi di Bandung. Itu program pertama kami,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga akan menjalin kemitraan dengan masyatakat lokal Papua untuk pengembangan UKM maupun koperasi.

“Dan tadi syukur alhamdulillah direspon langsung oleh Bapak Gubernur Jawa Barat serta PB Paguyuban Pasundan,” jelasnya.

Paguyuban Pasundan sendiri telah berdiri sejak Tahun 1923 di Batavia (Jakarta saat ini).

Dan setelah sekitar satu bulan mendapat kepercayaan untuk memimpin pengurus wilayah Papua, Entis Sutisna sudah berhasil membentuk pengurus cabang di tujuh daerah kabupaten/kota di Papua yang sama-sama dilantik pada kesempatan tersebut.

Sementara itu, Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa kehadiran Pahuyuban Pasundan di Kota Jayapura, sebagai bentuk nyata persatuan antar masyarakat majemuk dan heterogen sebagai, penguatan dalam pembangunan.

“Warga jawa barat yang merantau di sini hidupnya seperti air, bukan karena semata-mata Direktur PDAM Jayapura dijabat orang Pasundan akan tetapi ikuti bentuk wadahnya sekaligus menyesuaikannya,” katanya.[yat]