Arus Balik Hari Raya Idul Fitri, Pelabuhan Jayapura Membludak

0
65
Caption : Suasana Arus Balik lebaran 2019 di Pelabuhan Laut Jayapura, Senin (10/6/2019) malam
Caption : Suasana Arus Balik lebaran 2019 di Pelabuhan Laut Jayapura, Senin (10/6/2019) malam

JAYAPURA, PapuaSatu.com –  Suasana arus balik lebaran 2019 di pelabuhan Jayapura-Papua pada, Senin (10/6/2019) malam, membludak dengan jumlah penumpang Kapal saat di pelabuhan Jayapura mencapai 3.200 orang.

Berdasarkan pantauan di lapanga,  sejak Kapal Bersandar di Pelabuhan Laut Jayapura. Penumpang berangsur turun keluar. Situasi mulai padat dari pelabuhan menuju jalan Yos Sodarjo Pelabuhan Jayapura.

Kepala PT Pelni Jayapura, Harianto Sembiri menjelaskan, membludaknya penumpang arus balik dikarenakan dua kapal putih bersamaan bersadar di pelabuhan laut Jayapura.

“Jumlah penumpang kemarin mencapai 3.200 penumpang karena ada dua kapal sandar yakni, KM. Ciremai dan KM. Labobar,” ucap Harianto melalui telephone selulernya..

Harianto membeberkan bahwa penumpang di KM. Ciremai lebih sedikit jumlahnya dibanding KM. Labobar. “Kalau dibagi untuk kapal Ciremai  itu yang naik sebanyak 1.300 penumpang, sisanya di KM.Labobar,”bebernya.

Kendati demikian, ia mengaku bahwa arus balik tahun ini jumlah penumpang mengalami kelonjakan yang cukup drastis. “Melonjak drastis. Karena kalau hari biasa paling 600 penumpang,” bebernya.

Meski banyaknya penumpang yang memilih menggunakan transportasi kapal laut, dirinya menegaskan PT Pelni akan tetap menjaga kestabilan harga tiket. “Tiket ada dan tidak ada kenaikan harga, sama saja seperti hari biasa, kami siap melayani,”tegasnya.

Tak hanya itu, dirinya juga membeberkan bahwa penumpang yang naik dari Pelabuhan Jayapura dengan tujuan keluar kota juga tak kalah banyak.

“Yang naik itu 3.800 kalau dari biasanya ada  kenaikan pak, karena kalau dibagi untuk kapal Ciremai  itu yang naik sebanyak 1.300 penumpang dan  labobar 2.500 penumpang,”bebernya.

Ia berharap, penumpang kapal laut tak alami penurunan walau di hari biasa. “Kapal kan berkapasitas hingga 2.000  penumpang, masa mau kurang dari itu, baiknya ada peningkatanlah walau bukan di masa-masa libur lebaran,”harapnya.

Selain itu ia menghimbau agar calon penumpang tetap tertib dan tidak mabuk-mabukan diatas kapal agar semua pihak merasa nyaman. Ia juga memberikan apresiasi kepada TNI/Polri yang terus melakukan pengamanan selama mudik lebaran  dan arus balik melalui jalur laut. [ayu]