Bahas Pembentukan TP2DD, Wabup Giri Terima Audiensi BI Papua

Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro saat menerima cinderamata dari Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Dedy Irianto, usai audiens di Ruang VIP Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (29/3/2021)
Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro saat menerima cinderamata dari Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Dedy Irianto, usai audiens di Ruang VIP Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (29/3/2021)

SENTANI, PapuaSatu.com – Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro menerima audiensi jajaran Bank Indonesia Provinsi Papua terkait pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di Ruang VIP Bupati Jayapura, Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (29/3/2021).

TP2DD merupakan forum koordinasi antar instansi dan stakeholder di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, yang dibentuk dengan tujuan mendorong inovasi, mempercepat dan memperluas pelaksanaan Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP), serta mendorong integrasi ekonomi dan keuangan digital dalam rangka mewujudkan efisiensi, efektivitas, transparansi dan tata kelola keuangan terintegrasi.

Dalam kesempatannya, Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro menerangkan, bahwa harus dilakukan pertemuan awal seluruh perangkat daerah yang menjadi sasaran program, sebelum kerja TP2DD dilaksanakan.

Menurut Giri, hal ini bertujuan agar seluruh pihak terkait dapat menyamakan persepsi, sehingga target kerja tim bisa tercapai dan tepat sasaran.

“Jadi kehadiran BI ke Kabupaten Jayapura ini ingin mempermudah termasuk transaksi digital seperti di perhotelan, lainnya yang kira-kira aman dan nyaman. Supaya kedepan juga bisa banyak keuntungannya termasuk efisiensi waktu yang biasanya berlama-lama, jadi mempercepat pelayanannya, sehingga mempermudah masyarakat untuk bisa bertransaksi,” tuturnya kepada wartawan usai menerima audiensi BI Provinsi Papua, Senin (29/3/2021).

“Kalau di Kabupaten Jayapura kerjasamanya tidak semua distrik ya, mungkin kita mulai dari dua distrik yaitu Distrik Sentani dan Distrik Waibhu. Kita mulai dari dua distrik itu, bari kita ke distrik yang lain,” jelas Giri Wijayantoro menambahkan.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Dedy Irianto mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Jayapura guna mendukung program digitalisasi.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pak Wakil Bupati terkait pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah atau TP2DD saat melakukan audiens tadi,” kata Dedy Irianto usai audiens dengan Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro di VIP Room Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (29/3/2021).

Lanjut Dedy Irianto menuturkan, pembentukan TP2DD ini merupakan Keputusan Presiden yang baru saja keluar. “Kalau dulu ada kita kenal dengan nama TPID, itu penekanan terhadap inflasi. Nah, ini percepatan dan perluasan terhadap digitalisasi. Jadi sangat diperlukan dan tentunya ini punya manfaat tidak hanya kepada pemerintah daerah saja, tapi dianggap nanti juga berdampak kepada masyarakat,” tuturnya.

Menurutnya, pembentukan TP2DD ini bertujuan untuk mencari solusi agar program digitalisasi di Bumi Khenambay Umbay (sebutan Kabupaten Jayapura) akan terealisasi.

“Kami dari Bank Indonesia akan terus mendorong dan siap mendukung penuh program ini,” ucap Dedy Irianto.

“Banyak manfaat disitu yang kami lihat, dan hari ini kami berupaya untuk berkoordinasi dengan bapa Wakil Bupati Jayapura, apa-apa yang memungkinkan dan bisa kita kerjakan kedepan. Namun langkah awalnya memang kita harus melakukan pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah atau TP2DD, setelah terbentuk timnya itu apa-apa yang termasuk dalam lingkup itu yang akan kita lakukan kerjasama bersama dengan pemerintah daerah,” tukasnya.[yat]