Bersama Kodam dan Noken Clothing, BI Bekali Siswa SMA 2 Jayapura Tentang Ekonomi Digital

0
58
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Papua, Tigor Naek Sinaga saat memberi pembelajaran tentang ekonomi digital di SMA N 2 Jayapura, Senin (5/8/19)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Guna memberikan wawasan tambahan kepada para pelajar, Bank Indonesia menggandengan Kodam XVII/Cenderawasih dan pengusahan UMKM Noken Clothing mengajar tentang ekonomi digital di SMA Negeri 2 Jayapura, Senin (5/8/19).

Dalam pembelajaran umum yang diikuti sekitar 250 pelajar dari kelas X sampai kelas XI tersebut, selain materi tentang peran dan fungsi Bank Indonesia sebagai bank sentral, siswa/i juga diberi bekal tentang digitalisasi ekonomi, seperti penggunaan uang elektronik (e-money), financial technologi dan perkembangan teknologi ekonomi digital lainnya.

Dari pihak Kodam yang dihadiri Letnan Kolonel Inf. Erin Andriyanto selaku Pabandya Wanwil Staf Teritorial Kasdam XVII/Cenderawasih, selain memberi bekal tentang wawasan kebangsaan dengan empat pilarnya, juga mengimbau agar waspada terhadap dampak negatif yang datang lewat perkembangan teknologi digital, terutama lewat media sosial.

Yakni, untuk tidak mudah terpengaruh, dipengaruhi ataupun mempengaruhi pada hal-hal yang bersifat negatif.

Sementara itu, Paris Asa Bumbungan selaku pemilik Noken Clothing, memberi motivasi kepada siswa ataupun para guru yang hadir, untuk bijak memanfaatkan media sosial, yakni mendorong untuk memanfaatkan media sosial agar dapat menghasilkan pendapatan tambahan dengan memanfaatkan sebagai media promosi barang yang dijualnya, ataupun paid promote (promosi berbayar).

Letnan Kolonel Inf. Erin Andriyanto selaku Pabandya Wanwil Staf Teritorial Kasdam XVII/Cenderawasih saat memberi materi Wasbang kepada siswa-siswi SMA N 2 Jayapura, Senin (5/8/19)

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Papua, Tigor Naek Sinaga mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk rasa cinta Bank Indonesia dan pengabdian kepada Bangsa dan Negara, dan bentuk kontrihusi serta cinta tanah air.

“Disamping itu, dengan perkembangan yang sangat pesat, terutama teknologi digital, pada kesempatan kali ini kita memberikan materi bukan hanya kebanksentralan, tapi juga bagaimana mengantisipasi perkembangan teknologi digital dalam perekonomian nasional Indonesia pada umumnya dan di Papua khususnya,” ungkapnya saat ditemui wartawan di SMA N 2 Jayapura, Senin (5/7/19).

Kegiatan yang merupakan rangkaian dari program Bank Indonesia mengajar tersebut, juga sebagai rangkaian peringatan HUT BI Ke 66 dan HUT RI ke 74, yang digelar di bulan kemerdekaan, serentak di seluruh wilayah kerja Bank Indonesia sejak tanggal 29 Juli s/d 7 Agustus 2019.[yat]