Bersinergi Dengan Gerakan Pangan Murah, BI Papua Gelar Serambi

65

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Di momen Bulan Ramadhan 1445 H / 2024 M, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Papua akan menggelar Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) Tahun 2024.

Kepala KPw BI Papua, Faturaan mengungkapkan, acara tersebut akan dibuka mulai Hari Rabu (20/3/14) di lapangan Kantor Otonom Kotaraja, Distrik Abepura, Kotamadya Jayapura.

“Nanti tanggal 20 Maret kita akan kick off Serambi,” ungkapnya.

Dalam iven Serambi, yang pastinya adalah akan ada layanan penukaran uang, baik untuk kebutuhan uang pecahan kecil, maupun penukaran uang rusak atau sudah tudak layak edar.

Dalam iven tersebut, kata Faturahman, akan ada pasar murah, karena akan disinergikan dengan program Gerakan Pangan Murah (GPM) dari pemerintah.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala KPw BI Papua juga memaparkan terkait penyediaan uang rupiah selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri (Rafi) di Tahun 2024 ini.

Dan pada momen Ramadhan dan Idul Fitri (Rafi) 2024, KPw BI Papua telah menyiapkan uang kartal Rp 1,62 triliun.
Hal itu meningkat 16,5 persen bila dibandingkan dengan Rafi Tahun 2023 yang diproyeksikan sebeaar Rp.1,39 triliun.

Peningkatan kebutuhan uang rupiah tersebut didasarkan atas tren dan asumsi, yakni kondisi pertumbuhan ekonomi nasional yang terus membaik.

Selain itu juga terkait dengan mobilitas masyarakat yang terus meningkat pasca Covid-19, serta aktifitas mudik pada momen ramadhan dan idul fitri.[yat]