Di Podcast, Main Dealer Astra Motor Papua Bersama Disperindag Provinsi Papua Kupas Pentingnya Perlindungan Data Pribadi Konsumen

150

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Main Dealer Astra Motor Papua kembali menunjukkan komitmennya dalam melindungi data pribadi konsumen dengan menyelenggarakan kegiatan podcast bertema “Pentingnya Perlindungan Data Pribadi dalam Industri Otomotif”.

Acara ini menghadirkan Eko Irianto, perwakilan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Papua, sebagai pembicara utama.

Podcast yang digelar secara daring melalui platform Teams ini dihadiri oleh para pimpinan dealer Honda di wilayah Papua.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai pentingnya perlindungan data pribadi dalam operasional sehari-hari di sektor otomotif.

Dalam pemaparannya, Eko Irianto menegaskan urgensi penerapan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) yang baru saja disahkan.

“Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi memberikan kerangka hukum yang jelas mengenai bagaimana data pribadi harus dikumpulkan, digunakan, dan disimpan. Ini penting untuk memastikan hak privasi konsumen terjaga,” ujarnya.

Dijelaskan, ada beberapa poin penting dari UU PDP, antara lain:

1. Kewajiban Transparansi: Perusahaan wajib memberikan informasi yang jelas kepada konsumen mengenai pengumpulan dan penggunaan data pribadi.

2. Keamanan Data: Setiap perusahaan harus menerapkan langkah-langkah teknis dan organisatoris yang memadai untuk melindungi data pribadi dari akses yang tidak sah, kerusakan, atau kehilangan.

3. Hak Konsumen: Konsumen memiliki hak untuk mengakses, mengubah, dan meminta penghapusan data pribadi mereka yang disimpan oleh perusahaan.

Lebih lanjut, Eko menekankan bahwa kepatuhan terhadap UU PDP bukan hanya tanggung jawab hukum, tetapi juga merupakan upaya untuk membangun kepercayaan konsumen.

“Dengan menjaga data pribadi konsumen, kita juga menjaga integritas dan reputasi perusahaan,” tambahnya.

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan edukasi yang dilakukan oleh Astra Motor Papua untuk terus meningkatkan kesadaran tentang pentingnya perlindungan data pribadi.

Selain podcast, Astra Motor Papua juga merencanakan berbagai kegiatan lain, seperti pelatihan bagi karyawan dan sosialisasi regulasi terbaru.

“Kegiatan ini merupakan langkah nyata dari Astra Motor Papua untuk terus berkomitmen dalam melindungi privasi konsumen, sejalan dengan regulasi yang berlaku,” kata Samsul Maarif, Manager Customer Care Astra Motor Papua.

Kepada seluruh dealer di bawah naungan Astra Motor Papua pun diharapkan dapat menerapkan praktik terbaik dalam perlindungan data pribadi, demi meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan konsumen.

Samsul Maarif juga menambahkan, bahwa Astra Motor Papua akan terus berinovasi dalam penerapan sistem keamanan data dan juga proses develop Frontline People untuk memastikan perlindungan maksimal terhadap data konsumen.

“Kami akan terus berinovasi dalam hal Keamanan Data dan Develop People untuk memastikan bahwa semua data konsumen kami terlindungi dengan baik,” ujar Samsul.

Podcast ini mendapatkan sambutan positif dari para peserta yang hadir.

Mereka menyadari betapa pentingnya menjaga dan melindungi data pribadi konsumen dalam era digital saat ini.

Para pimpinan dealer Honda yang hadir secara online juga menyatakan komitmennya untuk segera menerapkan langkah-langkah perlindungan data pribadi yang telah dibahas.

Astra Motor Papua berkomitmen untuk terus mengedukasi dan memperkuat perlindungan data pribadi konsumen melalui berbagai kegiatan dan pelatihan di masa mendatang.[yat]