Dinas TPH Manfaatkan Waktu Libur Dengan Berkunjung Ke Petani

384

Sentani, PapuaSatu.com – Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPTH) Kabuten Jayapura memanfaatkan waktu libur dengan berkunjung ke para petani yang tersebar di sejumlah distrik di daerah ini.
“Waktu libur adalah kesempatan terbaik bagi kami untuk kami lakukan kunjungan ke semua petani lewat kelompok-kelompok tani yang ada,” ujar Kepala DPTH Kabupaten Jayapura, Adolf Yokhu, SP, MM kepada media ini di ruang kerjanya, Rabu(6/9/2017)
Kabupaten Jayapura, ucap Yokhu, merupakan salah satu kabupaten terluas di Papua dengan jumlah petani yang banyak sehingga dengan luar itu maka petani membutuhkan layanan pemerintah lewat kunjungan telah dilakukan.
Dalam kunjungan itu, diharapkan melalui agar petani lewat kelompok tani dapat meningkatkan minat dan kerjasama antara petani dan pemerintah dalam membangun ekonomi masyarakat di Kabupaten Jayapura.
Yokhu mengakui, dalam beberapa kali kunjungan yang dilakukan oleh pihaknya terlihat bahwa betapa besar antusias petani untuk mengembangkan lahan-lahan pertanian di kampung untuk usaha-usaha pertanian berskala besar.
“Kebijakan Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Bupati Jayapura sangat jelas, salah satunya adalah meningkatkan ekonomi masyarakat. Dalam mengejar sekaligus mewujudkan kebijakan itu maka sektor pertanian perlu mendapat perhatian,” ungkapnya.
Menurutnya, potensi pertanian di Kabupaten Jayapura dari aspek ketersediaan lahan dan pasar sangat memadai, hanya saja dibutuhkan keseriusan dan kesadaran dari petani untuk mengembangkan usaha pertanian. “Kami melakukan jungan di awali dari Kampung Mamei Distrik Kemtuk, berlanjut ke Distrik Kemtuk Gresi dan berkahir di Kampung Muaib Distrik Nimbokrang,” tutur Yokhu.
Lebih lanjut disampaikan, Yokhu, dirinya selaku Pimpinan Organisasi Perangka Daerah (OPD), Yokhu bahwa selama ini tekhnis telah menerima banyak masukan dari petani. Salah satunya akan fokus membangun pertanian berdasakan usulan warga.
Sementara itu, salah satu petani di Kampung Mamei, Obed Kreku mewakili petani di dataran Grime memberikan apresiasi dan terima kasih yang tulus kepada DTPH Kabupaten Jayapura yang mana telah meluangkan waktu turun ke masyarakat mendengar secara langusng keluhan petani.
Kreku mengharapkan supaya apa yang dilakukan oleh Dinas TPH Kabupaten Jayapura dapat dilakukan lagi oleg OPD tekhnis lainnya, sehingga ada sinkronisasi program antara masyarakat dengan pemerintah.
“Jangan menjadi pemimpin OPD yang hanya duduk di kantor, tetapi bagusnya turun berdiskusi dengan warga sehingga akan terinventarisir kebutuhan warga yang selanjutnya keluhan itu bisa dimasukan dalam program kerja,” imbuhnya. (Piet)