Hadapi New Normal, ISBI Papua Gelar Workshop Tutorial Masker Kain Bernilai Seni Papua

0
188

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua kembali melakukan Workshop Tutorial Masker Kain Kreasi yang memiliki nilai Seni Papua sebagai pengabdian kepada Masyarakat.

Hal ini merupakan kegiatan kampus untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) khususnya di lingkungan kampus Seni ISBI Tanah Papua. Kegiatan ini sendiri diikuti 30 peserta dari perwakilan mahasiswa STT, Stiper, Uncen dan ISBI Tanah Papua di kota Jayapura.

Diketahui bahwa Workshop yang merupakan inovasi masker kain kreasi dalam rangka menghadapi New Normal pada pandemik Covid-19 di Papua ini dilakukan .

Hal ini dikatakan Pemateri Workshop,  Fegelia Rahmadani, M.Sn selaku Dosen prodi Kriya Seni yang berlangsung di halaman Taman Budaya Expo Waena Jayapura, 23 Juli 2020.

Menurutnya, dirinya selaku Dosen di ISBI Tanah Papua diberikan tanggungjawab khusus untuk mendampingi mahasiswa dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

“Kami lebih fokus kepada pemberdayaan SDM kampus selama masa pandemi Covid-19, apa lagi sekarang ini kan sudah menuju New Normal jadi kami mengadakan Wrkshop tutorial masker kain kreasi sebagai melatih kreativitas mahasiswa dan juga sebagai peluang bisnis,” ucapnya.

Fegelia menambahkan dari hasil output dari workshop akan diserahkan kepada masyarakat kampus dan mahasiswa dari ketiga kampus lainnya dieuruh bawah pulang dan juga kami berikan peserta Sertifikat sebagi bentuk karya mahasiswa yang patut diberi apresiasi.

“Kami tidak nyangka kalau peserta workshop tidak hanya dari masyarakat kampus ISBI tetapi ada peserta yang dari luar seperti kampus STT, Stiper dan Uncen ternyata antosias mereka luar biasa,” jelas Fegelia usai Workshop kepada PapuaSatu.com.

Sementara itu Dosen Retnoning Adji Widi Astuti, Hut,.M.Si selaku pemateri pada Workshop tersebut mengatakan, kepekaan masyarakat terhadap manfaat dari bahan bekas yang ada di sekitar masyarakat menjadi sesuatu yang bermanfaat.

“Saya lihat di lingkungan sekitar kita itu ada banyak benda yang kebanyakan orang melihat sebelah mata karena dianggap sampah, tapi saya sebagai dosen seni di ISBI Papua, bahwa sampah tersebut bisa kita kreasikan menjadi sesuatu yang memiliki nilai estetika,” ungkapnya.

Hal tersebut menurutnya  patut jika dibagikan kepada mahasiswa melalui kegiatan workshop seperti ini supaya peserta workshop dapat timbul kreatifitasnya apa lagi sekarang ini masker sala satu asesoris yang setiap orang wajib memakai.

“Jadi kami tidak hanya melihat dari segi melatih kreasinya tetapi juga sekalgus menjadi peluang bisnis ke depan bagi peserta itu sendiri,” ungkap Astusi.

Di tempat yang sama disampaikan Paulus Lasmono selaku Wakil Rektor I ISBI Tanah Papua bahwa dirinya, mengapresiasi langsung Kegiatan Workshop Tutorial Masker Kain Kreasi yang meliputi mahasiswa dari beberapa kampus di kota Jayapura dan staf kampus ISBI Papua dalam masa menghadapi New Normal dari pandemik Covid-19. [miki/loy]