Honda CRF 150L Paling Diminati Customer, Ini Keunggulan Yang Ditawarkan

100
Kepala Astra Motor Entrop, Riyanto saat menunjukkan Honda CRF150L yang dipajang di showroom
Kepala Astra Motor Entrop, Riyanto saat menunjukkan Honda CRF150L yang dipajang di showroom

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Motor Honda CRF150L menjadi motor yang paling banyak dicari oleh customer motor sport di Papua.

Sebagai motor sport yang didesain untuk medan off-road, namun tampak berseliweran di jalanan kota, dan tampak pengendaranya juga menikmati atau cukup enjoy dalam berkendara.

Apa sih yang menjadi daya tariknya?

Dibanding motor trail merek lainnya yang sekelas, Honda CRF150L memiliki kelebihan sendiri dibanding sepeda motor merek lain, yakni pada fitur Long Trafel Inverted Front Fork, atau suspensi depan dengan inverter terbesar di kelasnya yang berukuran pipa 37mm dengan panjang (stroke) 225mm.

“Salah satunya yang diunggulkan adalah suspensi depan  “Inverted Telescopic Front Suspension” –  Separate Function Front Forks (SFF) yang sering disebut suspesnsi Upsidedown,” ungkap Hardjito kepada PapuaSatu.com, Sabtu (8/6/24).

Dengan unkuran suspensi depan tersebut, kata Hardjito, dapat memberikan kinerja yang sangat baik dan cukup kuat.

Dijelaskan, bahwa struktur separate Function Front Fork (SFF) berbeda, yakni untuk Front fork kanan berfungsi sebagai peredam tekanan (Damper Function/Tension) dan Front fork kiri yang berfungsi sebagai peredam reaksi (Reaction & Damper Function).

“Struktur baru ini memungkinkan untuk mengurangi berat dan gesekan,” jelasnya.

Dikatakan, bahwa fitur SFF tersebut hanya dimiliki Honda CRF yang memberikan performa handling maksimal dan lebih stabil saat melewati berbagai medan jalan.

Tampilan juga semakin gagah dan berkelas dengan adanya gold color anodize pada tabung suspensi.

“Kalau merek lain fitur upsidedownya bukan tipe SFF,” ungkapnya.

Keunggulan berikutnya adalah suspensi belakang (rear suspension) berupa mono suspension with Pro-Link Suspension System, yakni suspensi dengan stroke poros 210 mm dan memiliki single tube bertekanan terbalik (adjuster preload) di bagian atas spring.

Dengan fitur tersebut membuat nyaman di medan off road maupun di jalanan aspal.

Fitur Honda CRF150L

Hal itu didukung dengan fitur-fitur lainnya yang menambah kenyamanan pengendaranya di segala situasi.

Bagian kaki-kakinya, selain fitur SFF, juga didukung juga dengan ukuran ban dan velg yang besar (21 inch untuk bagian depan dan 18 inc untuk bagian belakang), serta ban dual purpose yang bisa diandalkan dan siap diajak berpetualang di berbagai kondisi jalan (on-road dan off-road).

Berikutnya adalah fitur Wavy Disc Brake, yakni penggunaan rem cakram wavy depan 240mm dan belakang 220mm yang lebih besar di kelasnya, yang memberikan performa pengereman yang optimal di segala kondisi.

Penggunaan velg aluminium (aluminium rims) memberikan bobot yang ringan dan kekuatan optimal untuk terus berpetualangan dalam semua kondisi.

Untuk urusan pencahayaan, disematkan compact headlight, dengan desain headlight yang membentuk sudut tajam sehingga memberikan kesan petarung, fearless dan siap menaklukkan semua medan.

Desain lampu belakang (taillight) yang tajam, sporty dan compact memberikan kesan agresif.

Bagian ekor, spakbor belakang yang dapat dilepas dan pasang dengan mudah (Plug & Play Rear Fender), untuk mempertegas kesan on-off sport dan mendukung hobi atau menyesuaikan aktifitas penggunanya.

Dan di bagian kepala dipasang speedometer digital (digital panel meter) yang lebih compact dan akurat membuat informasi berkendara lebih mudah terbaca.

Dan terakhir, soal mesin, Honda CRF150L dibekali dengan powerful engine 150cc SOHC 2 Klep, Pgm-FI berpendingin udara.

Yakni mesin 150cc dengan tenaga 12,8 dk /8.000 rpm dengan torsi 12,43 Nm di 6.500 rpm, yang paling bertenaga di kelasnya, dilengkapi dengan sistem injeksi yang memberikan performa off-road tinggi tanpa kompromi saat melakukan eksplorasi di alam bebas.

Selayaknya sebuah motor trail, meski memiliki postur ramping dan cukup tinggi, Honda CRF 150L juga cocok jika dipakai untuk harian.

Apalagi kondisi jalan di Papua, baik di kota hingga kampung-kampung yang tidak menentu, karena banyak yang rusak parah dan digenangi air.

Selain itu, pastinya Honda CRF 150L sangat cocok jika dipakai untuk off-road atau menerabas medan-medan berat.

Dari sisi desain yang memiliki panjang 2.119 mm, lebar 793 mm, dan tinggi 1.153mm, dan berat mencapai 122 kg, penampilan CRF150L lebih gagah.

Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen, juga menyiapkan sejumlah apparel pendukung, seperti helam, jaket, palindung knalpot (bar pad), rak belakang (rear rack), pelindung pijakan kaki (heel guard), dan pelindung mesin (skid plate), yang bisa dibeli di seluruh jaringan Astra Motor selaku main distributor produk sepeda motor Honda.

Motor trail yang dipasarkan Rp.41,53 juta (OTR) di wilayah Kota Jayapura dan sekitarnya tersebut, saat ini tersedia empat warna, yaitu extreme black, extreme green, extreme red dan extreme white.[yat]