Ini Bentuk Dukungan PDAM Jayapura Untuk PON XX 2021 Mendatang

Direktur Utama PDAM Jayapura, Entis Sutisna
Direktur Utama PDAM Jayapura, Entis Sutisna

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 yang akan digelar pada Oktober mendatang mendapat dukungan dari banyak pihak, salah satunya PDAM Jayapura. Terkait dengan penyediaan infrastruktur PON, PDAM bekerjasama dengan PB PON dan PU Provinsi.

Diakui oleh Direktur Utama PDAM Jayapura, Entis Sutisna, seluruh venue dibangun oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi. “Untuk fasilitas air bersihnya, PDAM hanya membantu pada saat distribusinya. Karena untuk pembangunan jaringan air bersih itu memang sepenuhnya dibangun oleh Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat,” katanya, Rabu (28/4).

Untuk itu, PDAM upaya memberikan informasi terutama pada pengajuan sambungan-sambungan baru untuk kebutuhan venue PON sudah diproses seperti dibeberapa venue di Buper dan di Poltekes. “Artinya PDAM siap menyambung apabila itu diminta dan itu tidak ada masalah  asal ada pipa distribusinya,” lanjutnya.

Bila ada kemungkinan adanya supporter, kontingen maupun atlet, yang pasti ada 2 hal yang saat ini dipertimbangkan oleh PDAM.

“Kalau ditempat menginap tersebut menggunakan fasilitas air dari PDAM, maka itu sepenuhnya menjadi tanggung jawab PDAM mau tetap mengalir pada saat mereka menginap, itu bisa diatur. Tetapi bila itu bukan menggunakan fasilitas air dari PDAM, kami tidak bisa bertanggung jawab. Apalagi kita liat di area Kabupaten Jayapura banyak juga yang tidak menggunakan fasilitas dari PDAM karena mereka punya jaringan sendiri,” ujar Entis.

Selain itu, Entis juga ungkapkan pihaknya akan memberikan mobilisasi 4 mobil tangki air yang akan digunakan secara darurat. “Seharusnya 9 unit mobil tangki, tapi dari kami 4 unit mobil tangki, 5 unit mobil tangki itu harusnya dari Pemerintah Provinsi tapi belum ada jawaban,” pungkasnya. [ayu]