Kurangi Penggunaan Plastik, Line Coffee Bay Cafe Menggunakan Sedotan Stainless

0
137

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Line Coffee Bay adalah salah satu cafe atau kedai kopi di Kota Jayapura yang saat ini bertekad untuk mengurangi penggunaan plastik.

Pengurangan plastik dimulai dengan menggunakan sedotan berbahan stainless sehingga tidak lagi menggunakan sedotan plastik.

Vanno, seorang Barista dari Line Coffee Bay sendiri mengaku hal ini telah diterapkan selama 3 bulan setelah cafe ini berdiri.

“Cafe ini sendiri baru berdiri 4 bulan, penggunaan sedotan stainless sendiri sudah dalam 1 bulan terakhir ini,” ucapnya saat diwawancarai PapuaSatu.com di Line Coffee Bay, Minggu (30/6/2019).

Ia mengaku ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan mengingat beberapa waktu lalu telah terjadi bencana banjir bandang di Kabupaten Jayapura, sehingga ini menjadi motivasi agar harus ada aksi untuk pengurangan pemakaian plastik.

“Sejak bencana itu, kami mulai intropeksi dan akhirnya muncul ide untuk meminimaliskan penggunaan plastik, kami mulai dari sedotan terlebih dahulu,” akunya.

Selain itu, hal ini juga dilakukan sebagai bukti bahwa Line Coffee Bay mendukung program Pemerintah Kota untuk menciptakan lingkungan kota Jayapura yang bebas dari plastik.

“Ya. Namun saat ini baru dimulai dari sedotan, rencana kami kedepannya kami aka menggunakan paperbag atau tas belanja berbahan untuk membungkus makanan,” ungkapnya.

Vanno berharap, hal ini bisa diterapkan juga oleh kedai-kedai kopi di Kota Jayapura mengingat banyak cafe dan kedai kopi ternama di Kota Jayapura yang masih cuek akan hal ini.

“Saya harap, rekan-rekan yang berada di kedai kopi lain juga bisa menerapkan hal yang sama agar pemakaian plastik semakin minim dan lingkungan kita terbebas dari banjir. Harus mulai dulu dari kita sendiri, baru sebarkan hal positif ini kepada yang lainnya,” tutupnya. [ayu]