Lebih Memasyarakatkan Sistem Pembayaran Elektronik Terpusat, Bank Indonesia Gelar Pekan QRIS

0
92

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Guna lebih mengenalkan program Quick Responsif Indonesian Standard (QRIS) di masyarakat, Kantor Perwakilan Bank Indoneaia (KPW BI) Papua menggelar pekan QRIS, mulai tanggal 9 hingga 14 Maret 2020.
Pekan QRIS yang juga menjadi agenda Bank Indonesia secara nasional tersebut, di Papua, khususnya di Kota Jayapura dilaksanakan KPw BI dengan sejumlah agenda, diantaranya dengan mensosialisasikan ke pasar-pasar, lembaga-lembaga pendidikan, para pengurus rumah ibadah, dan lain-lain, dan pada Sabtu (14/03/20) nanti akan digelar colour run dengan mengambil start di jembatan Youtefa, Hamadi hingga halaman Kantor Gubernur Papua serta kegiatan funwalk dan zumba bersama dengan stakeholder.
Lomba kapal hias dan bazar UMKM QRIS juga menjadi agenda untuk menyemarakkan pekan QRIS tersebut di Kota Jayapura.
Kepala KPw BI Papua, Naek Tigor Sinaga mengungkapkan bahwa dengan sejumlah agenda tersebut, penggunaan QRIS bisa lebih dikenal secara masif di semua kalangan.
“Kami hari ini sosialisasi di Pasar Hamadi jadi bagaimana penggunaan QRIS ini juga bisa digunakan oleh seluruh pedagang di pasar tersebut,” ungkap Naek Tigor Sinaga dalam jumpa pers di Jayapura, Kamis (12/3/2020) Siang.
Kegiatan tersebut juga diharapkan lebih memasyarakatkan penggunaan QRIS sebagai sarana pembayaran uang elektronik.
“Jadi penggunaan QRIS ini juga bukan di mall saja tetapi semua masyarakat. Bahkan kami harapkan digunakan saat PON 2020,” jelasnya.
Penggunaan QRIS di Papua sendiri disampaikannya mencapai tujuh ribuan merchant.
“Namun, kami optimis dengan gerakan sosialisasi yang masif ini bisa lebih banyak lagi penggunaannya,” lanjutnya.
QRIS adalah kode QR yang ditetapkan oleh Bank Indonesia untuk digunakan dalam memfasilitasi pembayaran secara elektronik dengan satu QR Code di Indonesia, yang bisa dipakai oleh seluruh masyarakat yang menggunakan berbagai aplikasi sistem pembayaran melalui smartphone, seperti Gopay, Linkaja, OVO, dan lain-lainnya yang memiliki fitur pemnayaran QR Code.
Launching QRIS sendiri sudah dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia pada 17 Agustus 2019.
“Untuk itu kita berikan tenggat waktu hingga 1 Januari 2020 agar penggunaannya massal,” jelasnya.[yat]