Manfaat Pelayanan Otentikasi Dari Taspen Ditengah Pandemi

75
Branch Manager TASPEN (Persero) Kantor Cabang Jayapura, Mulat Budianto
Branch Manager TASPEN (Persero) Kantor Cabang Jayapura, Mulat Budianto

JAYAPURA, PapuaSatu.com – TASPEN Otentikasi adalah pelayanan dari TASPEN sebagai bentuk upaya TASPEN mempermudah pembayaran pensiun. Selain untuk mempermudah pembayaran pensiun, Otentikasi juga membantu menjaga keamanan dana pensiun agar memastikan bahwa dana pensiun diterima oleh pensiunan itu sendiri.

Branch Manager TASPEN (Persero) Kantor Cabang Jayapura, Mulat Budianto mengatakan, Otentikasi ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. “Ini untuk mempermudah dan yang bersangkutan tidak harus datang ke kantor bayar. Apabila Otentikasi itu berhasil, maka uang akan langsung masuk di rekening,” katanya saat ditemui awak media diruang kerjanya, Jum’at (2/10/20).

Terlebih ditengah-tengah pandemi Covid 19, Mulat akui Otentikasi sangat bermanfaat untuk menghindari kerumunan. “Sebenarnya tidak pakai otentikasi pun tidak masalah, tapi kami punya loh pelayanan ini, ayo dipakai. Apalagi ditengah pandemi, kita terapkan protokol kesehatan, jadi harus gunakan otentikasi,” ucapnya.

Namun, sebelum melakukan Otentikasi, harus melakukan Enrollment atau perekaman wajah, suara dan sidik jari. Enrollment tersebut dapat dilakukan disemua mitra bayar. “Ya, akan tetapi karena pandemi, mitra bayar tiadakan enrollment karena harus jaga jarak karena penyebaran bisa lebih mudah, jadi kami sarankan yang sudah melakukan enrollment dapat memanfaatkan pelayanan Otentikasi,” ujarnya.

Ditambahkan, yang belum melakukan enrollment bisa pengambikan secara manual di mitra bayar. Selain itu, mitra bayar juga perlu melakukan sosialisasi terkait Otentikasi agar pensiunan paham.

“Menurut data perbulan Agustus 2020, jumlah pensiunan yang sudah mengambil pensiun 23.932 orang. Yang sudah melakukan enrollment 19.178 orang dan yang sudah melakukan Otentikasi 9.848 orang,” tukasnya. [ayu]