NARU 2023/2024, Trafik Broadband Telkomsel di Papua dan MalukuTumbuh 23 Persen

86
General Manager Network Operations and Productivity Telkomsel Regional Maluku dan Papua, Agus Sugiarto
General Manager Network Operations and Productivity Telkomsel Regional Maluku dan Papua, Agus Sugiarto

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Telkomsel sebagai digital connectivity enabler telah memastikan kelancaran dalam mendampingi dan memenuhi kebutuhan komunikasi maupun aktivitas digital pelanggan selama momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (NARU 2023/2024).

Trafik akses broadband Telkomsel tercatat tumbuh 18 persen dibanding rata-rata hari biasa 2023 di wilayah Papua dan Maluku, atau melonjak hingga 23 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Keberhasilan dalam mengoptimalisasi infrastruktur konektivitas dan layanan digital yang prima di wilayah Papua dan Maluku ini merupakan wujud komitmen Telkomsel dalam membuka peluang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat dengan #SemarakSemangat dalam menyongsong fase kehidupan di masa mendatang yang penuh tantangan.

General Manager Network Operations and Productivity Telkomsel Regional Maluku dan Papua, Agus Sugiarto mengatakan, di tahun 2024 ini, Telkomsel akan terus konsisten untuk meningkatkan dan mengembangkan akses komunikasi digital yang andal bagi seluruh masyarakat Papua dan Maluku agar masyarakat bisa lebih berdaya, dengan mengoptimalkan berbagai potensi melalui pemanfaatan teknologi digital yang hadir di setiap aspek kehidupan.

“Selama momen perayaan NARU 2023/2024, peningkatan aktivitas masyarakat dalam mengakses layanan digital berimbas pada kenaikan trafik layanan data (payload) sebesar 18 persen dibandingkan dengan rata-rata hari biasa di tahun 2023 atau sekitar 23 persen jika dibandingkan dengan periode NARU tahun sebelumnya,” ungkapnya melalui keterangan pers, Rabu (3/1/24).

Dikatakan, untuk total payload tercatat mencapai 1.99 petabyte.

Lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital diperiode NARU 2023/2024 tersebut didorong oleh peningkatan pada pemanfaatan layanan digital, seperti akses media sosial hingga 19 persen, peningkatan layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) yang mencapai 12 persen, peningkatan akses video streaming sekitar 3 persen, peningkatan mobile gaming yang melonjak hingga 63 persen, serta akses browsing yang tumbuh 16 persen.

Sedangkan untuk layanan suara mengalami kenaikan trafik sekitar 12.5 persen.

Agus lebih lanjut menambahkan, seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen NARU 2023/2024 di sejumlah wilayah Papua daan Maluku dibandingkan hari biasa, seperti di wilayah operasional Provinsi Papua tumbuh sekitar 11 persen, Wilayah Provinsi Papua Barat Daya tumbuh 7 persen, Wilayah Provinsi Papua Tengah tumbuh sebesar 10 persen, Wilayah Provinsi Papua Selatan naik sekitar 16 persen, dan Wilayah Provinsi Maluku tumbuh 10 persen.

Sementara itu, untuk menghadirkan kenyamanan pelanggan di Wilayah Papua dan Maluku, Telkomsel telah berhasil menghadirkan 19 Posko Siaga NARU yang tersebar di beberapa kota/kabupaten di Papua dan Maluku diantaranya, 3 Posko di Kota Jayapura, 1 Posko di Kabupaten Jayapura, 1 Posko di Kota Biak, 1 Posko di Kota Sorong, 2 Posko di Kabupaten Manokwari, 1 Posko di Kabupaten Teluk Bintuni, 1 Posko di Kabupaten Nabire, 2 Posko di Kabupaten Mimika, 1 Posko di Kab. Merauke, 2 Posko di Kota Ambon, 1 Posko di Kota Tual, 1 Posko di Kabupaten Seram Bagian Barat, 1 Posko di Kabupaten Buru Selatan dan 1 Posko di Kabupaten Maluku Barat Daya untuk pelayanan pelanggan, penjualan produk dan layanan.

Khusus di posko Bandara Sentani dan Syaloom Amungsa Timika, pelanggan juga bisa menikmati hiburan berupa games competition, nonton bareng, serta lucky wheel.

“Semoga kontribusi Telkomsel dalam menghadirkan konektivitas yang stabil dan andal di sepanjang momen Hari Raya Natal 2023 dan pergantian tahun 2024 dapat mendampingi masyarakat Papua dan Maluku untuk membangun optimisme dalam membuka lembaran baru. Ke depannya, Telkomsel akan terus mendampingi masyarakat di setiap fase kehidupan agar kita semua dapat terus bergerak maju dengan ragam produk dan layanan yang customer centric dengan dukungan konektivitas digital berteknologi terdepan,” pungkas Agus.

Atas nama Telkomsel, Agus mengucapkan selamat Hari Raya Natal 2023 bagi umat Nasrani yang merayakan dan selamat Tahun Baru 2024 bagi seluruh masyarakat Papua dan Maluku.

Diharapkannya, agar momen yang penuh harapan ini dapat menjadi momentum bagi kita sebangsa dan se-Tanah air untuk bersama-sama mendorong komitmen dengan #SemarakSemangat dalam menghadapi berbagai tantangan di masa mendatang.9