Pemerintah Provinsi Harus Segera Siapkan Jubir dan Media Centre Khusus COVID-19

0
194

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Politisi Partai Hanura yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi V DPRP Papua, Kamasan Jack Komboy meminta pemerintah provinsi harus segera siapkan juri bicara (jubir) sebagai pemberi informasi satu pintu.

“Saya berharap pemerintah provinsi sesegera mungkin bisa menunjuk 1 orang jubir dan kembali lagi dibuat media centre. Dimana jubir itu bertugas untuk menyampaikan perkembangan terkait tentang covid-19 sehingga kita bisa dapat informasi lewat satu pintu,” ujarnya kepada PapuaSatu.com diruang kerjanya, Senin (16/3) sore.

Hal tersebut diutarakan karena telah banyak beredar hoax yang luar biasa yang menyebabkan kepanikan-kepanikan. “Memang kemarin sebelum ditetapkan menjadi bencana nasional, pemerintah masih mengeluarkan informasi satu pintu yaitu di Jakarta, tetapi sekarang penyebarannya sudah sangat luas maka pemerintah pusat mengijinkan setiap kepala daerah menunjuk satu orang sebagai jubir sehingga ini harus direspon cepat dari pemprov,” bebernya.

Adapun menurut Jack Komboy, yang menurutnya layak ditunjuk sebagai jubir adalah orang yang punya wewenang seperti Dinas Kesehatan. Dilanjutkan, informasi yang diberikan oleh jubir tersebut harus transparan sehingga masyarakat diwilayah masing-masing tahu perkembangan COVID-19 secara update. [ayu]