Peringati Hari Statistik Nasional, BPS Provinsi Papua Mau Kinerja Semakin Ditingkatkan

0
96

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) yang jatuh tepat tanggal 26 September 2019, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua berharap agar kinerja dari seluruh pegawai BPS semakin ditingkatkan.

Kepala BPS Provinsi Papua, Simon Sapari menyampaikan, meski BPS selama ini telah menjadi pusat statistik yang akurat tapi ia mau kinerja terus ditingkatkan agar BPS selalu menjadi yang terbaik.

“Kita mengusut tema ‘Menuju Indonesia Maju dengan SDM dan Data Berkualitas’ itu agar kita harus terus jalankan tugas dengan baik dan berkualitas,” ucapnya kepada awak media usai perayaan HSN di Gedung BPS Provinsi Papua.

Selain itu, Simon juga berharap adanya kerjasama yang baik antara BPS dan Pemda setempat dalam hal pendataan. Menurutnya, dalam pendataan, BPS hanya menyajikan data sesuai presentase saja, akan tetapi data yang lebih kompleks harusnya disajikan oleh pemda.

“Kalau kita disini tugas pokok kita hanya terkait persentase saja. Tapi untuk menentukan data lengkap seperti nama penduduk, suku, agama, garis kemiskinan dll itu pemerintah yang data yaitu Statistik Sektoral,” terangnya.

Dikatakan, bila ada bantuan dari pemda maka susunan pekerjaannya akan lebih mudah dan tidak membuang-buang biaya. “Langsung bisa fokus kepada penduduknya, jadi tidak berputar-putar kemana-mana,” tukasnya. [ayu]