Peringati Sumpah Pemuda, BKKBN Gelar Pelatihan Untuk GENRE Selama 4 Hari

Kepala BKKBN Provinsi Papua, Charles Brabar, SE., M.Si
Kepala BKKBN Provinsi Papua, Charles Brabar, SE., M.Si

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Peringati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Papua menggelar pelatihan kepada Generasi Remaja (GENRE) selama 4 hari yakni dari tanggal 27 Oktober 2020 hingga 30 Oktober 2020.

Kepala BKKBN Provinsi Papua, Charles Brabar, SE., M.Si mengatakan ada beberapa rangkaian dalam kegiatan pelatihan tersebut yang berorientasi untuk meningkatkan kompetensi Genre.

“Ada berbagai pelatihan, pertama yaitu Public Speaking. Kita harapkan hal tersebut dapat melatih kepercayaam diri mereka (Genre) sehingga dapat belajar berbicara, berdiri didepan banyak orang, lalu dapat mengemukakan potensi-potensi mereka,” katanya kepada awak media diruang kerjanya, Jumat (30/10).

Selain itu, ada pelatihan videografi dihari kedua agar Genre bisa membuat video-video singkat serta menguasai teknologi. “Harapan kami, anak-anak Genre ini bisa menggunakan teknologi dengan hal-hal positive dan bermanfaat. Mereka juga akan dilatih membuat poster,” ujarnya.

Dihari ketiga mereka dilatih menjadi MC dan moderator, narasumber yang digunakan dari luar lingkungan BKKBN. “Narasumber adalah orang-orang yang kami anggap sudah kompeten dibidangnya,” tambah Charles.

Hari keempat, Genre akan diajarkan tentang Managemen Keuangan agar dapat mengelola anggaran-anggaran yang diberikan oleh orang tua. “Artinya mereka me-managed kemampuan keuangan mereka,” jelasnya.

Semua rangkaian kegiatan tersebut ditutup dengan kegiatan membersihkan pantai sekaligus mereka study sosial dilapangan. “Kami berharap, di hari Sumpah Pemuda ini, mereka memaknai sebagai hari bangkitnya generasi yang berpikir positif kedepan terutama pada generasi X dan generasi Y,” tutupnya. [ayu]