Tahun 2020, Taspen Jayapura Salurkan PKBL Rp400 Juta Kepada 9 UKM

718
Branch Manager PT TASPEN (Persero) Cabang Jayapura, Mulat Budianto
Branch Manager PT TASPEN (Persero) Cabang Jayapura, Mulat Budianto

JAYAPURA, PapuaSatu.com – PT TASPEN (Persero) Cabang Jayapura pada tahun 2020 ini menyalurkan dana sebesar Rp 400 juta dari program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) melalui penyaluran kredit mikro kepada 9 usaha kecil menengah (UKM).

“PKBL tahun ini disalurkan sebesar Rp 400 juta, memang kita baru salurkan kepada 7 orang, sisa 2 orang lagi yang akan kami salurkan. Sementara ini, dari 7 orang yang telah tersalurkan, 4 orang diantaranya adalah PNS dan 3 orang adalah swasta,” kata Branch Manager PT TASPEN (Persero) Cabang Jayapura, Mulat Budianto kepada awak media diruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Diungkapkan, PKBL ini adalah program tiap tahun, akan tetapi masa pandemi ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena perlu banyak pertimbangan. “Harus dipertimbangkan dengan baik, takut salah sasaran meskipun bunganya hanya 3 persen, pertahun,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Umum & SDM, Jenni Ivanna Malau beberkan, dana tersebut seharusnya ditargetkan untuk 7 UKM akan tetapi TASPEN Cabang Jayapura menyerahkan kepada 9 UKM dengan berbagai pertimbangan.

“Sebenarnya untuk 7 UKM, tapi setelah kami verifikasi usahanya, ternyata baru dirintis, kita tidak bisa memberi pinjaman terlalu besar. Karena ini adalah pinjaman dan ada sistem pengembalian, jadi harus disesuaikan dengan kemampuan bayar,” bebernya.

Dijelaskan, karena masih ada sisa dana PKBL dari 7 UKM tersebut maka pihaknya akan memberikan bantuan PKBL kepada 2 UKM lainnya lagi.

“Target kami 7 orang, namun masih ada sisa dana jadi kami akan serahkan lagi kepada 2 UKM lainnya karena dana ini harus dihabiskan,” tukasnya. [ayu]