TASPEN Jayapura Adakan Seminar Kewirausahaan Kepada ASN Kota Jayapura

0
66

JAYAPURA, PapuaSatu.com – PT TASPEN (Persero) Cabang Jayapura mengadakan seminar kewirausahaan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) kota Jayapura. Seminar tersebut diikuti oleh 200 orang ASN terlebih khusus bagi mereka yang akan pensiun dalam beberapa waktu kedepan.

Kegiatan seminar kewirausahaan ini didukung oleh seluruh mitra TASPEN baik itu perbankan maupun pos. Materi yang diberikan juga sangat menarik yakni budidaya ikan lele, tanaman hidroponik dan buah naga.

Wakil Walikota Jayapura, Rustan Saru menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, hal ini harus rutin dilakukan agar  calon pensiunan bisa mendapatkan bekal.

“Jadi sebelum ASN pensiun, mereka diberikan pelatihan wirausaha agar nanti setelah pensiun mereka sudah punya bekal,” ucapnya kepada awak media disela-sela kegiatan tersebut di Hotel Horison Kotaraja, Rabu (16/10/2019).

Ia mendukung pelatihan ini, karena dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi bagi pegawai jika sudah pensiun nanti sehingga tidak hanya mengharapkan gaji pensiun saja, tetapi juga ada sumber dana lain yaitu sebagai wirausaha. “Bisa terus berkarya dan tak harap gaji pensiun saja. Minimal mereka bisa tahu kelola modal,” ujarnya.

Senada dengan itu, Wakil Kepala PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Utama Makassar, Iwan Djunaidi menjelaskan tujuan dari program seminar tersebut.

“Ini untuk berikan pemahaman terhadap ASN yang sebentar lagi mau pensiun tentang kewirausahaan. Agar dapat merubah cara berpikir serta minat ASN dalam berwirausaha,” tukasnya. [ayu]