Basarnas Kerahkan Tim Rescue Sisir Lokasi Tenggelamnya Seorang Remaja di Perairan Desa Wasur

0
751

Merauke, PapuaSatu.com – Tim Rescue kantor pencarian dan pertolongan (BASARNAS) Merauke, menerima laporan adanya kejadian seorang remaja tenggelam, Kejadian ini dilaporkan ke Kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke pada Minggu malam (15/03/2020) pada pukul 19.20 wit oleh Fery Danu Putra.

Laporan diterima dan langsung direspon dengan mengirimkan 1 (satu) tim Rescue menuju ke lokasi kejadian. Berdasarkan informasi dari pelapor, kejadian terjadi di desa Wasur pada koordinat  0831’ 41,95’’ S – 140 28’28,43’’ E atau radian 98,49 derajat arah tenggara dari Kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke.

Pukul 19.30 wit tim Rescue berjumlah 4 (empat) orang bergerak ke lokasi kejadian mempergunakan  kendaraan roda empat dilengkapi dengan peralatan selam.

Identitas korban diketahui bernama Muhammad Akikdzar (21 th) berjenis kelamin laki-laki.

Menurut penuturan pelapor, korban bersama teman-temannya sejak pukul 11.00 wit siang tadi  berenang di kolam bekas galian tanah urugan yang kedalamannya mencapai 4 (empat) meter. Hingga pukul 15.00 wit baru kemudian rekan-rekannya menyadari bahwa korban tidak terlihat bersama dengan mereka. Menurut keterangan teman pelapor yang lain, korban terakhir masih terlihat berenang bersama di kolam tersebut.

Oleh karenanya kuat dugaan korban tenggelam di kolam tersebut. Rekan-rekan korban berupaya melakukan pencarian sendiri namun karna tidak membuahkan hasil, maka mereka memutuskan melapor.

“Upaya pencarian di permukaan air dengan perahu karet sedang kami lakukan namun masih belum membuahkan hasil karena jarak pandang terbatas di malam hari. Penyelam kami sudah disiagakan di lokasi guna penyelaman malam” ujar Kepala SubSeksi Operasi dan Siaga Pencarian Dan Pertolongan Fajar Yuniarto, S.E saat dimintai keterangan.

“kami juga  mengupayakan cara lain menggunakan jaring besar yang akan ditarik menyapu sekitar lokasi kejadian. Mudah-mudahan tubuh korban bisa tersangkut di jaring yang ditarik menyisir kolam” pungkasnya.

Korban terakhir terlihat mempergunakan baju berwarna orange saat berenang. Barang-barang pribadi milik korbanpun masih ada di pinggir kolam. Unsur potensi SAR yang terlibat di lapangan selain Basarnas yakni 2 (dua) orang Jagawana, 5 (lima) orang aparat kampung serta masyarakat sekitar lokasi. [ist/yar]