Himbau Masyarakat Tak Ikut Aksi Demo, Ketua BMP RI : Mari Jaga Kedamaian di Papua

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Koalisi Rakyat Papua Save LE rencananya akan menggelar aksi demo pada Selasa (20/9/2022) besok. Demo tersebut dilakukan dengan tujuan mendukung Gubernur Lukas Enembe yang ditetapkan sebaga tersangka kasus gratifikasi oleh KPK RI sejak 5 September lalu.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Barisan Merah Putih Republik Indonesia (BMP RI), Max Abner Ohee memberikan himbauan kepada seluruh komponen masyarakat untuk tidak ikut serta dalam aksi demo tersebut.

“Harapan saya kepada saudara-saudara kami ditanah Papua untuk tidak ikut dalam rencana demo yang sudah mereka sebarkan melalui media massa maupun isu-isu yang mereka sampaikan kepada masyarakat. Tidak perlu ikut aksi-aksi yang tidak bertanggung jawab karena sebagai warga negara kita punya tugas dan kewajiban untuk menjaga kedamaian di tanah Papua,” katanya, Senin (19/9/2022).

Max mengajak masyarakat di Bumi Cenderawasih agar bersama-sama menjaga kedamaian di tanah Papua.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Papua untuk tidak ikut dalam rencana demo yang akan dilaksanakan oleh saudara-saudara kami yang menyatakan diri sebagai komunitas Save Lukas Enembe. Saya himbau kepada seluruh tokoh Pemuda, tokoh Perempuan, tokoh Masyarakat, tokoh Agama di tanah Papua untuk bersama-sama menjaga kedamaian ditanah Papua,” ujar Max.

Max jelaskan, Indonesia merupakan negara hukum maka sudah sepantasnya setiap warga negara harus mempertanggungjawabkan perbuatannya kepada hukum.

“Ini juga satu pembelajaran untuk kita bahwa didalam negara, kita perwakilan negara, kita harus hidup sesuai aturan yang ada. Kalau kita melanggar aturan, kita wajib mempertanggung jawabkannya. Seperti itu juga pak Lukas Enembe, kalau merasa tidak bersalah, silahkan saja KPK periksa dan dia sampaikan didepan publik biar publik tahu dan semua tahu bahwa beliau tidak bersalah atau apa yang dituduhkan kepadanya tidak benar,” jelasnya.

Ia meminta seluruh masyarakat Papua serta masyarakat di nusantara agar bergandengan tangan menjaga kedamaian di Papua serta menghadang siapapun oknum yang hendak membuat kekacauan di Papua.

“Sekali lagi saya himbau mari komponen-komponen masyarakat di tanah Papua dan juga saudara-saudara kami dari seluruh nusantara mari bergandengan tangan dengan saya disini Ketua Barisan Merah Putih Republik Indonesia di tanah Papua untuk menjaga kedamaian di tanah Papua. Saya menghimbau untuk kita siap menghadapi siapa saja yang membuat kekacauan di tanah Papua dengan cara apapun,” tukas Max. [ayu]