Seorang Warga Sipil Ditembak KK di Kampung Damonggoa

744
Caption : Agustinus Duwitau saat mendapat perwatan medis di RSUD Intan Jaya usai ditembaki oleh KKB di di Kampung Damonggoa Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya, Papua, Rabu (07/10/2020) pagi.
Caption : Agustinus Duwitau saat mendapat perwatan medis di RSUD Intan Jaya usai ditembaki oleh KKB di di Kampung Damonggoa Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya, Papua, Rabu (07/10/2020) pagi.

JAYAPURA, PapuaSatu.com –  Seorang warga sipil bernama Agustinus Duwitau, ditembak oleh  sekelompok kriminal bersenjata di Kampung Damonggoa Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya, Papua, Rabu (07/10/2020) pagi.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kama saat dikonfirmasi, membenarkan peristiwa penembakan tersebut. “Ya,  benar ada penembakan itu. Penembakan itu dilakukan kelompok kriminal bersenjata yang ada di wilayah itu,” ujarnya.

Kamal menjelaskan, peristiwa itu berawal berawal, pada Selasa tanggal 6 Oktober 2020, semua gembala (pewarta) yang bertugas di seluruh Stase Gereja Katolik Roma yang berada di bawah Paroki Bilogai melakukan pertemuan di Paroki untuk pembagian tema, termasuk korban Agustinus Duwitau, yang selanjutnya korban menginap di rumah saudaranya Ismail Duwitau.

Keesokan harinya, Rabu tanggal 7 Oktober 2020, korban hendak ke Kampung Emondi namun dalam perjalanan sekitar daerah Kampung Damonggoa, korban ditembak oleh KKB sehingga meninggalkan barang bawaan berupa senapan angin dan Minyak Goreng, Garam serta Vetsin yang diisi dalam karung berwarna kuning.

“Pada saat korban terkena tembakan tersebut korban berlari ke atas ketinggian dan bertemu dengan salah satu warga an. ibu Mia Belau kemudian mereka berdua mencari pertolongan,” jelas Kamal.

Tepat pukul 09.00 WIT, lanjut Kamal, anggota mendapat informasi dari masyarakat bahwa adanya warga yang terkena tembakan di Kampung Damonggoa.

Tidak lama kemudian, Tim evakuasi dipimpin oleh saudara Marten Tipagau Wakil ketua 1 DPRD Kabupaten Intan Jaya bersama Pastor Yance Yogi dan Beberapa tokoh agama khatolik menunggu korban di jembatan Kali Wabu.

“ Saat tiba,  Tim evakuasi bersama Korban tiba di RSUD Intan Jaya Kampung Yokatapa Distrik Sugapa dan langsung mendapat perawatan oleh tim medis RSUD Kabupaten Intan Jaya,” ujarnya.

Dari hasil visum at revertum,  tutur Kamal, korban mengalami luka tembak pada bagian bahu kiri tembus punggung belakang (bawah leher).

“Langkah kepolisian yang dilakukan mendangi  TKP untuk mengetahui titi para pelaku melakukan penembakan dan kini korban sudah dirawa ke RSUD Intan Jaya. Kami  masih melakukan penyelidikan terhadap para pelaku,” pungkasnya. [redaksi]