22 OPD di Keerom Belum Menyusun RKA Tahun 2018

2461

Foto- Wakil Bupati Keerom MUH Markum, SH. MH. MM.(Rahayu/PapuaSatu.com)

KEEROM, PapuaSatu.com – 22 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Keerom dilaporkan belum menyusun Rencana Kerja Anggaran (RKA) Tahun Anggaran 2018, padahal seharusnya OPD telah menyusun dan penyerahkan ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Keerom di Bulan November 2017 ini.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Keerom MUH Markum, SH. MH. MM kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (8/11) kemarin.

“Yang seharusnya OPD telah menyerahkan Rencana Kerja Anggaran (RKA) Tahun 2018, akan tetapi dari laporan yang ada masih 22 OPD yang belum menyusun dan menyerahkan RKA Tahun 2018 ke Bappeda Kabupaten Keerom,” ujar Markum.

Dikatakan, jika OPD belum penyusun dan menyerahkan RKA di Tahun 2018 pastinya akan mengganggu perencanaan, khususnya visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Keerom yang tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) 2016-2021.

Sehingga kepada OPD yang belum menyusun RKA 2018 diminta untuk menyusun secepatnya, mengingat di Bulan November ini RKA 2018 harus tuntas.

“Karena sesuia perunjuk dari Pemerintah Provinsi Papua penyusunan RKA Tahun 2018 harus tuntas di Bulan November. Agar di Tahun Anggaran 2018 mendatang penyerapan anggaran bagus dan tidak ada lagi alasan penyerapan anggaran rendah pada triwulan pertama Tahun 2018,”  tegas Markum.

Untuk itu OPD yang belum menyelesaikan RKA Tahun 2018 untuk secepatnya diselesaikan dan diserahkan ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Keerom, mengigat waktu yang ada tinggal berapa hari lagi.

“Jadi OPD harus fokus menyelesaikan RKA di Tahun 2018. Jangan sampai ada terlambat lagi.  Karena RKA sangat penting dan menentukan suatu perencanaan pembangunan di Kabupaten Keerom. kalau pekerjaan tidak direncanakan apa yang mau dikerjakan,”  pungkasnya. (rhy/ahmadj)