Penyaluran DD di Keerom Tercepat se-Indonesia

603
?

caption- Triwarno

KEEROM, PapuaSatu.com– Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Keerom, Triwarno Purnomo mengatakan, penyaluran dana-dana desa ke masing-masing kampung, di Kabupaten Keerom merupakan yang tercepat.

“Untuk proses hingga saat ini di Tahun 2017, dimana DPMK sebagai pelaksana di leading sector pelaksaan dana-dana di kampung bertanggung jawab terhadap ketepan dan percepatan penyaluran. Khusus Dana Desa (DD) dalam penyaluran Kabupaten Keerom termasuk yang tercepat se-Indonesia,” ujar Triwarno kepada PapuaSatu.com saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (8/11/2017).

Artinya, kata Triwarno, dalam target waktu yang ditetapkan secara nasional, bahwa dana desa pencairanya selama dua tahap, tahap pertama di Bulan Maret  dan tahap kedua di Bulan Agustus, Kabupaten Keerom yang tercepat.

Triwarno mengatakan, pada saat rapat kordinasi yang dilaksanakan oleh DPMK Provinsi Papua progres Kabupaten Keerom nomor satu.

“Kami tidak pungkiri pastinya ada kekurangan yang ada, tetapi untuk progres, ketepatan dan percepatan penyaluran maupun pelaporan terhadap dana-dana di Kampung Kabupaten Keerom nomor satu. Dan itu mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi Papua,” ungkapnya.

Dan berbicara skala nasional, masih banyak dana desa (DD) di kampung tahap pertama tahun anggaran 2017 yang belum dipertanggungjawabkan, dengan tingkat kesulitan tidak sama dengan sesulitan di Kabupaten Keerom.

“Tetapi dengan kondisi karekteristik, geografi dan lain sebagainyaa seperti di Keerom masih bisa tercepat dari 91 kampung se- Kabupaten Keerom telah masuk tahap kedua dan pertanggung jawaban dana desa (DD) tahap pertama telah dilakukan pada Juli 2017 dan telah menyampaikan pertanggung jawaban ke Dirjen perimbangan keuangan RI,” jelasnya. (rhy/ahmadj)