10 Tenaga Medis Diberi Pelatihan Cara Pemeriksaan Swab Tenggorokan

189
Tim medis RSUD Yowari saat melakukan pemeriksaan rapid test di Sentani (foto/dok)
Tim medis RSUD Yowari saat melakukan pemeriksaan rapid test di Sentani (foto/dok)

SENTANI, PapuaSatu.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura melalui tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 terus melakukan upaya-upaya pencegahan dan pembatasan  penyebaran covid-19 di tengah masyarakat di wilayah kabupaten Jayapura.

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid 19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengatakan, untuk mempercepat proses deteksi   dan memastikan seseorang terpapar covid 19, pihaknya akan melatih 10 tenaga medis dari Puskesmas Kota Sentani  ke Labkesda Provinsi Papua untuk mengenai cara mengambil dan memeriksa swab tenggorokan orang yang sudah dinyatakan reaktif dari pemeriksaan rapid test.

“Hari Senin kita berencana akan melatih tenaga Puskesmas kita di Labkesda untuk pengambilan swab tenggorokan. Sehingga pada waktunya nanti setelah positif atau negatif menggunakan rapid test bisa dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan. Supaya lebih cepat,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (10/5).

Dia menambahkan berkaitan dengan pencegahan dan pembatasan terhadap penyebaran covid-19 di wilayah kabupaten Jayapura khususnya di daerah kota, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Jayapura terus melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat.

“Kegiatan-kegiatan rutin dari tim gugus tugas tetap dilaksanakan sebagaimana biasanya, tim disinfeksi kami hari ini melakukan disinfektan di pertokoan pertokoan yang ada di kota Sentani,” tambahnya.[yat]