BP Presidium Pemuda Adat Tabi Papua Resmi Dilantik dan Dikukuhkan

37
Pengukuhan Ketua Presidium Pemuda Adat Tabi Papua, Pascal Marcel Nerotouw,SIP, MA, M.Sc. yang ditandai dengan penyematan mahkota adat oleh Ondofolo Kampung Sereh, Yanto Khomlay Eluay
Pengukuhan Ketua Presidium Pemuda Adat Tabi Papua, Pascal Marcel Nerotouw,SIP, MA, M.Sc. yang ditandai dengan penyematan mahkota adat oleh Ondofolo Kampung Sereh, Yanto Khomlay Eluay

SENTAN, PapuaSatu.com – Badan Pengurus (BP) Presidium Pemuda Adat Tabi Papua resmi dilantik dan dikukuhkan di Helebhey Obhe Kampung Sereh, Sentani, Selasa (27/9/22).

Seremoni pelantikan langsung dipimpin DR. Drs. Benhur Tomi Mano,MM, selaku Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi, sedangkan pengukuhan dilakukan oleh Ondofolo Besar Sentani, Yanto Khomlay Eluay.

BP Presidium Pemuda Adat Tabi Papua masa bakti 2022-2025 yang dilantik dan dikukuhkan, dipimpin oleh Pascal Marcel Nerotouw,SIP, MA, M.Sc. yang terpilih melalui kongres I Pemuda Adat Tabi Papua.

Benhur Tomi Mano yang akrab disapa BTM mengungkapkan bahwa peran pemuda sangat penting dalam pendirian bangsa Indonesia, mulai dari sumpah pemuda, hingga terjadinya reformasi pada akhir dekade 1990-an.

Karena itu, ia berpesan kepada para pemuda yang tergabung dalam Presidium Pemuda Adat Tabi Papua untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan, dan membangun Tabi dalam bingkai NKRI.

“Dan saya harapkan Pemuda Tabi ini juga mengawal DOB yang sudah ditetapkan dan juga mengawal Otsus di Tanah Papua ini untuk kesejahteraan masyarakat Tabi dan pada umumnya,” ungkap BTM saat ditemui wartawan di Sentani, Selasa (27/9/22).

Di kesempatan sama, Pascal Marcel Nerotouw mengungkapkan ia akan berupaya membangun dan memperkuat basis, mulai dari provinsi hingga ke daerah-daerah, terutama di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Mamberamo Raya.

“Kami akan mempersiapkan pengurus di masing-masing wilayah, kemudian akan kami latik dan melakukan pekerjaan-pekerjaan organisasi kedepan,” ungkapnya.

Ditegaskan, tujuan utama Presidium Pemuda Tabi Papua adalah untuk memperkuat dan mendukung peran ondoafi di Tanah Tabi untuk menjaga kedamaian di seluruh tanah Tabi.[yat]