Cluster Pencegahan Tingkatkan Pengawasan untuk Cegah Penularan Covid 19

169
Tim Disinfeksi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Jayapura, saat melakukan penyemprotan disinfectant di rumah warga yang terdapat kasus positif Covid-19
Tim Disinfeksi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Jayapura, saat melakukan penyemprotan disinfectant di rumah warga yang terdapat kasus positif Covid-19

SENTANI, PapuaSatu.com – Cluster pengawasan yang terdiri dari Tim Promosi Kesehatan, Tim Surveillace, Tim Desinfeksi, Tim Isolasi Diri melalui karantina rumah terus melakukan berbagai kegiatan ditengah masyarakat untuk menekan penyebaran covid-19.

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid 19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengatakan, dari beberapa tim tugas dari kluster pencegahan tersebut rutin turun kelapangan untuk melaksanakan upaya upaya pencegahan sesuai dengan tugas masing-masing.

“Cluster pengawasan yang terdiri dari tim promosi kesehatan, Tim Survailens, Tim desinfeksi, Tim isolasi diri melalui karantina rumah. Jadi mereka sudah mempunyai tugas dan fungsi masing-masing dalam hal penanganan covid 19 ini,” kata Khairul Lie saat dihubungi, Selasa (21/7/2020).

Dia menjelaskan misalnya untuk kegiatan tim promosi kesehatan, kegiatan hari Senin tanggal 20 Juli, melaksanakan kegiatan edukasi protokol kesehatan di 4 titik yaitu dermaga kalkote, dermaga yahim, pasar pharaa, dan pertigaan tabita.

Kemudian di hari yang sama Tim Surveillace melaksanakan pemantauan kontak erat, dan masyarakat yang masuk ke kabupaten jayapura melalui data KKP.

Selanjutnya melaksanakan tracing kontak erat pasien positif covid 19 di beberapa lokasi pasien positif covid 19 yang  telah diumumkan, serta melaksanakam tracing pasien yang mangkir swab.

“Dari Tim desinfeksi melaksanakan upaya penyemprotan pada lokasi tempat kerumunan dan lokasi domisili pasien positif,” paparnya.

Selanjutnya, Tim isolasi diri melalui karantina rumah, melaksanakan pemantauan kepada pasien pasien  positif covid 19 yang isolasi di rumah dalam masa penanganan dibawah kendali dan pantauan RS yowari yaitu wilayah sentani, doyo baru, yakonde dan babrongko.[yat]