Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Jayapura Latih Pengurus Koperasi Tingkatkan Memanajemen KUD

0
76
Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro saat memberi sambutan sebelum membuka pelatihan manajemen KUD di Hotel Tahara Sentani, Senin (22/6/20)

SENTANI, PapuaSatu.com – Untuk meningkatkan sistem manajemen dalam pengelolaan koperasi di Kabupaten Jayapura, Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Jayapura menggelar pelatihan manajem KUD untuk pengurus koperasi di Kabupaten Jayapura.

Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro saat mengungkapkan, pelatihan yang akan berlangsung selama empat hari di Hotel Grand Tahara, Sentani, diharapkan bisa meningkatkan kemandirian koperasi yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Jadi diharapkan mereka (pengurus koperasi) bisa menghitung, supaya setiap tahun peningkatannya jelas,” ungkap wakil bupati saat ditwmui awak media usai membuka pelatihan tersebut.
Kata Giri Wijayantoro, Koperasi memiliki kelebihan dibanding badan usaha lain, karena koperasi bisa juga melakukan usaha simpan pinjam dana dari masyarakat selayaknya bank, dan banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kemajuan usaha maupun kesejahteraan anggotanya.

“Pengurus koperasi harus memiliki wawasan luas,” tandasnya.

Potensi yang dimilikinya, kata Giri, koperasi bisa menjadi kekuatan ekonomi di negara Indonesia.

Dengan manajemen yang baik, diharapkan bisa sukses dalam menjual produk juga bisa sukses dalam administrasinya.

Bisa atau tidak dalam menjalankan bisnis, kembali ke masalah manajemen. Bukan hanya manajemen bisnis, tapi juga manajemen pikiran manusianya sebagai pengelola usaha.

Dalam hal ini, kita harus berpikir betul kedepan untuk bisa mandiri.

“Kedepan saya berharap ada pemikir-pemikir untuk mandiri dalam menjalankan usaha koperasi,” harapnya.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Jayapura, Parson Horota mengungkapkan bahwa peserta pelatihan tersebut dibatasi, mengingat ruangan yang tidak memungkinkan menampung bila seluruh pengurus koperasi yang aktif di Kabupagen Jayapura diikutaertakan.

Dikatakan, jumlah koperasi di Kabupaten Jayapura ada 239 unit, dan yang aktif ada 198 unit.[yat]