Disdukcapil Kabupaten Jayapura Dukung Kolaborasi Data dengan BPS

0
211
Kepala Disdukcapil Kabupaten Jayapura, Herald J. Berhitu
Kepala Disdukcapil Kabupaten Jayapura, Herald J. Berhitu

SENTANI, PapuaSatu.com –  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Jayapura bakal berkolaboraso dengan Badan Pusat Statistik (BPS), sehingga dalam pengambilan menjadi satu acuah pada jumlah pendidik.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Jayapura, Herald J. Berhitu, mengatakan Disdukcapil telah menyerahkan database ke BPS sebagai data penduduk yang dibutuhkan, misalnya penduduk yang meninggal, dimasukkan dalam sistem data BPS.

“Untuk sensus penduduk 2020, data base sudah kami serahkan ke BPS. Jadi untuk sensus 2020 ini, kami sudah rapat dengan pak bupati,” kata Herald, sapaannya ketika dikonfirmasi wartawan online ini, Senin (10/2/2020) kemarin siang.

Menurutnya pihak BPS akan membentuk tim yang terdiri dari Disdukcapil dan Dinas Kominfo untuk berkolaborasi dengan BPS, sedangkan relawan-relawan akan direkrut guna dipakai sebagai tenaga survei ke lapangan.

Sebagai persiapan, Herald mengatakan, pihaknya akan melakukan sosialisasi ke enam distrik pilot project. Sosialisasi ini berdasarkan instruksi dari pak bupati bahwa enam distrik percontohan itu wajib dilakukan sensus penduduk 2020,” ucapnya.

Herald mengakui bahwa, kolaborasi data Disdukcapil dengan data BPS memang diperlukan, sebab pihaknya meyakini bahwa masih banyak penduduk yang tidak terdaftar di dalam data penduduk.

“Dengan adanya sensus penduduk 2020 ini, kita berharap segala urusan-urusan perencanaan pembangunan dan sebagainya itu sudah semakin jelas. Jadi, itu yang nanti kita akan coba untuk lakukan. Ya, kita siap mendukung sensus penduduk 2020 ini,” katanya.  [mir]