DPKAD Kabupaten Jayapura Pastikan Penyerapan APBD 2018 Tinggi

1154
Caption : Kepala BPKAD Kabupaten Jayapura, Subhan, SE
Caption : Kepala BPKAD Kabupaten Jayapura, Subhan, SE

SENTANI, PapuaSatu.com –  Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) kabupaten Jayapura memastikan penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di akhir Tahun 2018 tinggi hingga mencapai 95 persen -100 persen.

Kepala BPKAD Kabupaten Jayapura, Subhan, SE menegaskan, hingga saat ini masih ada waktu satu bulan lebih untuk menggenjot penyerapan melalui pekerjaan-pekerjaan fisik dan non fisik agar dana yang tersedia di perangkat daerah dapat terserap

Subhan mengatakan, sesuai hasil evaluasi bersama bupati dan semua perangkat daerah belum lama ini terkuak bahwa penyerapan APBD sudah mencapai angka 60 % lebih, sementara sisa akan dikejar dalam beberapa waktu ke depan.

“Meski masih ada tersisa 40 % penyerapan APBD Kabupaten Jayapura yang akan di kejar, kami tetap optimis dalam waktu satu bulan lebih ke depan akan terserap,” ungkap Subhan.

Subhan menegaskan, Bupati Jayapura selaku pimpinan daerah sangat tegas meminta kepada semua perangkat daerah untuk benar-benar bekerja  agar penyerapan anggaran di perangkat daerah tinggi,  demi mendokrak penyerapan APBD Kabupaten Jayapura.

” Kami semua selaku perangkat daerah ditekankan pak Bupati untuk bekerja secara maksimal supaya penyerapan bisa tinggi. Kalau kerja tidak serius maka target penyerapan tinggi akan meleset, dan hal itu tidak kita inginkan bersama,”pungkasnya.

Subhan kembali menegaskan bahwa jika penyerapan APBD Kabupaten Jayapura tahun 2018 rendah maka tentu jumlah Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) akan tinggi. sebaliknyan jika penyerapan ABPD Kabupaten Jayapura tahun 2018 tinggi maka Silpa tahun 2018 akan rendah.

Oleh karena itu, rencana evaluasi penyerapan ABPD Kabupaten Jayapura tahun 2018 akan dilakukan lagi bersama pimpinan daerah dan semua perangkat daerah dalam akhir tahun, sekaligus untuk mendapatkan kepastian mengenai tinggi atau rendahnya penyerapan anggaran, baik secara perangkat daerah tetapi juga secara keseluruhan Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura.

“Sesuai penegasan bapa bupati bahwa batas akhir penyerarapan anggaran adalah di minggu kedua Bulan November. Terkait penegasan tersebut, kami akan menindaklanjutinya tetapi atas petunjuk bapa bupati,” tandasnya.

Dirinya juga menghimbau kepada semua perangkat daerah di Lingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk mengejar penyerapan anggaran dengan menuntaskan semua program-program fisik dan non fisik lainnya. [mi/loy]