Joko Sunaryo : Harus Ada Neraca Yang Diupdate Tiap Bulan

23

SENTANI, PapuaSatu.com – Untuk mengetahui data terkait ketahanan pangan di Kabupaten Jayapura, Pemerintah Kabupaten Jayapura, dalam hal ini Dinas Ketahan Pangan Kabupaten Jayapura menggelar seminar Neraca Bahan Makanan (NBM) di aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Jayapura, Jumat (1/8/22).

“Seminar ini sangat sangat penting, karena jumlah penduduk menentukan jumlah makanan yang harus tersedia,” ungkap Asisten II Setda Kabupaten Jayapura, DR. Joko Sunaryo saat ditemui wartawan usai mengikuti seminar.

Dikatakan, harus ada neraca yang setiap di-update di Kabupaten Jayapura, guna mengetahui data kecukupan kebutuhan kalori di masyarakat, maupun data lain-lainnya.

Hal senada diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo, yang berharap dari seminar tersebut bisa menghasilkan rekomendasi yang positif bagi ketersedian pangan di Kabupaten Jayapura.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Suliyono mengatakan bahwa seminar neraca bahan makanan merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mendapatkan data yang baik.

“Kalau data itu riil, itulah yang menjadi harapan bagi kita tim penyusun neraca ini sebagai pengambil kebijakan, mengevaluasi program yang sudah berjalan,” ungkapnya.

Juga dalam menyusun program dan kegiatan serta melakukan perencanaan dengan baik dalam rangka melahirkan sebuah kebijakan untuk kepentingan seluruh rakyat, terutama dalam hal ketersediaan makanan.[Yat]