Kantor Pos Siap Salurkan Dana Bantuan Langsung Tunai ke Kampung

221
Kepala Kantor Pos Jayapura, Alex Nitalessy (kiri) saat memberi keterangan pers di Media Center Covid-19 Kabupaten Jyapura
Kepala Kantor Pos Jayapura, Alex Nitalessy (kiri) saat memberi keterangan pers di Media Center Covid-19 Kabupaten Jyapura

SENTANI, PapuaSatu.com – Kepala Kantor Pos Jayapura, Alex Nitalessy mengatakan pihaknya telah ditunjuk untuk menyalurkan dana bantuan langsung tunai kepada masing-masing kampung di wilayah kabupaten Jayapura.

Penunjukan kantor pos sebagai penyalur dana BLT itu merupakan kebijakan secara nasional. Hal itu juga berlaku di seluruh wilayah termasuk Kabupaten Jayapura.

“Dengan program pemerintah terkait penanganan penyebaran   Covid 19, kantor pos ditugaskan untuk menyalurkan bantuan sosial tunai,” kata Alex Nitalessy beberapa waktu lalu di media center Covid 19 Kabupaten Jayapura.

Dia menjelaskan untuk Kabupaten Jayapura akan dilakukan  penyaluran uang tunai sebesar Rp600.000 setiap kepala keluarga. Dana itu disalurkan untuk belanja keperluan keluarga  selama tiga bulan yang terhitung mulai April, Mei dan Juni.

“Kami masih menunggu data  sampai saat ini kami masih melakukan verifikasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura, atau dalam hal ini dinas sosial,” ujarnya.

Dengan demikian nanti ada kesamaan data, sehingga tidak menimbulkan masalah pada saat pembayaran.

“Karena ini nanti akan dilakukan pembayaran oleh kantor pos langsung melalui  loket-loket kantor pos,” jelasnya.

Untuk wilayah Kabupaten Jayapura, Kantor Pos sendiri memiliki beberapa cabang yang tersebar di Sentani Kota, Lereh, Genyem, Demta.

Kantor kantor cabang ini nantinya akan membantu masyarakat untuk mendapatkan bantuan langsung tunai dari pemerintah dan nilai Rp600.000 tersebut.

“Sebelum penyaluran ini memang kita harus melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial sehingga didapatkan data yang betul-betul akurat,” tandasnya.

Data ini penting mengingat tidak semua warga yang akan mendapatkan BLT tersebut. Jika data tersebut sudah diperoleh pihaknya akan melakukan penjadwalan untuk segera menyalurkan bantuan langsung tunai  dari pemerintah tersebut.[yat]