Kesejahteraan Untuk Anak Negeri Kapolres Jayapura, Panen Mujair Milik Warga Binaan

50

SENTANI, PapuaSatu.com – Peninjauan sekaligus panen ikan mujaer di Kampung Dosay, Distrik Sentani Barat, Kab. Jayapura. Senin, 27/03 sore.

Dalam progran Binmas Noken Bidang Kasuari (kesejahteraan untuk anak negeri) Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH bersama Kasat Binmas Iptu Made Ambo Arjana, SH., MH dan Kapolsek Sentani Barat Ipda Yuliani Tecuari meninjau sekaligus memanen ikan mujair dari kolam pembudidayaan yang dimiliki Saulus Yaboisembut dan Jofan Ramandey yang merupakan warga Binaan Bhabinkamtibmas Polsek Sentani Barat.

Dalam kesempatan berbincang – bincang dengan warga binaan,Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH mengatakan, program ini telah berjalan baik dan sangat membantu masyarakat.

“Sesuai arahan, Bhabinkamtibmas diterjunkan langsung untuk mendampingi warga yang ingin berwirausaha, dari awal dibuatnya kolam, berapa bibit yang harus diisi, jumlah pakan hingga bagaimana ikan ini akan dipasarkan,” ujar Kapolres.

Dari 4 kolam yang tersedia, setelah 6 bulan berjalan, khusus untuk kolam yang siap panen yang berukuran 4×8 meter bisa menghasilkan kurang lebih 100 kg ikan mujair.

“Butuh waktu lama karena mereka mengaku masih terkendala masalah pakan,” ucapnya.

Pendampingan yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Sentani Barat juga terpantau saat terprogram dari mulai kolam untuk pembibitan, hingga siap panen.

Keseluruhan ada 4 kolam yang disekat – sekat / terpisah, agar perkembangan ikan bisa baik.

“Untuk pemasaran sementara mereka memanfaatkan media sosial, jika ada yang pesan mereka panen dan langsung diantarkan, jadi masih sangat segar, nantinya kami juga akan berkoordinasi dengan pihak pemerintah khususnya dinas perikanan Kab. Jayapura sehingga program ini bisa berkelanjutan atau jangka panjang, diharapkan melalui program ini dapat membantu mensejahterakan masyarakat, terutama dalam hal peningkatan pendapatan atau ekonomi keluarga,” tutupnya.[yat]