KKSS Kabupaten Jayapura Buka Posko Bantuan Korban Kebakaran Dok IX

SENTANI, PapuaSatu.com –  Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Jayapura, membuka posko bantuan korban pasca kebakaran hebat yang terjadi di Kampung Tengah Dok IX, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua, Senin (19/10/2020) malam.

Posko tersebut dibuka di salah satu ruko milik Wakil Ketua VII BPD KKSS Kabupaten Jayapura Muhammad Akbar, tepatnya di samping Bubur Ayam Mandala Sentani-Kabupaten Jayapura-Papua.

Ketua KKSS Kabupaten Jayapura H. Wagus Hidayat, SE, melalui Ketua Bidang Sosial dan Tanggap Bencana BPD KKSS Kabupaten Jayapura, Firman mengatakan, dibukanya Posko bantuan ini untuk mengumpulkan bantuan sukarela dari masyarakat yang ada di kabupaten Jayapura.

“Ini salah satu bentuk kepedulian kita terhadap para korban kebakaran yang terjadi di Dok IX, karena mereka saat ini membutuhkan bantuan kita semua,” ujar Firman kepada wartawan via telepon seluler, Rabu (21/10/2020) malam.

Menurutnya, posko bantuan itu dibuka secara resmi pada Rabu (21/10/2020) sore sekitar pukul 15.00 WIT dan rencananya bantuan yang telah terkumpul sejak dibukanya posko hingga hari Sabtu (24/10/2020) nanti langsung diserahkan ke korban kebakaran Dok IX, yang berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kota Jayapura.

“Alhamdulillah sudah ada donasi bantuan tadi dari bapak H. Badaruddin berupa beras 10 kg sebanyak 5 karung, kemudian perlengkapan tidur berupa bantal dan tikar masing-masing sebanyak 20 buah dari Ketua KKP, terus kami ada terima 10 karton air mineral dari pak H. Anwar, juga ada donasi bantuan berupa uang tunai dari pak H. Muhammad Hajir serta bantuan berupa mie instan, beras, air mineral dan pakaian layak pakai dari pak Sudirman (KKMB),” imbuhnya.

Menurut Koordinator Posko Peduli Kebakaran Dok IX BPD KKSS Kabupaten Jayapura tersebut bantuan ini merupakan swadaya dari para anggota, pilar-pilar yang ada di KKSS dan masyarakat.

Ia berharap, bantuan awal yang diberikan dapat sedikit meringankan beban para korban kebakaran di Kampung Tengah Dok IX, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura.

“Kami targetkan bantuan yang telah diserahkan di posko KKSS ini, Insha Allah pada hari Sabtu (24/10) nanti kami sudah menyalurkan ke korban kebakaran Dok IX. Mengingat waktu penanganan disana itu kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kota Jayapura, karena penanganan tanggap darurat itu selama satu minggu. Tapi, mengingat kebutuhan mendesak dari saudara-saudara kita maka kami upayakan pada Sabtu (24/10) siang sudah salurkan,” ujarnya. [irf/loy]