Lagi, Dinas Kominfo Salurkan Bantuan Buku Untuk Perpustakaan dan Taman Baca

0
114
Plt. Kadis Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon saat menyerahkan bantuan buku dan cat untuk perpustakaan Kabupaten Jayapura dan taman baca, Rabu (2/9/20)
Plt. Kadis Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon saat menyerahkan bantuan buku dan cat untuk perpustakaan Kabupaten Jayapura dan taman baca, Rabu (2/9/20)

SENTANI, PapuaSatu.com – Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap minat baca warga di Kabupaten Jayapura, Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura kembali menyalurkan bantuan buku.

Sekedar diketahui, satu minggu yang lalu, tepatnya tanggal 25 Agustus 2020, Dinas Kominfo telah menyalurkan bantuan sekitar enam ribu buku untuk Taman Baca di Kampung Yoboy, Distrik Sentani.

Bantuan buku kembali disalurkan di awal bulan September 2020, yakni pada Hari Rabu  (2/9/20), sebantak 1700 buah buku untuk Perpustakaan dan Taman Baca di Kabupaten Jayapura.

“Kemarin kami menyerahkan bantuan 1700 buku kepada Perpustakaan Kabupaten Jayapura di kompleks perkantoran Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, yang akan didistribusikan kepada 14 taman baca yang ada di Kabupaten Jayapura, dan juga dua ember cat, untuk mereka mengecat Taman Baca mereka, dan pemasangan wifi-id di taman baca,” ungkap Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura saat ditemui papuasatu.com di Swissbell Hotel Jayapura, Kamis (3/9/20).

Buku-buku itu, kata Gustaf Griapon, didapat dari mitra Kominfo, seperti Litbang Kominfo yang menyumbang 224 buku, ICT Award ada 130 buku, dan dari Yayasan Penginjilan Anak Papua ada 1400 buku.

“Itu sudah kita distribusi langsung yang diterima oleh Plt. Sekretaris Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Jayapura dan Kepala Bidang Perpustakaan Kabupaten Jayapura,” ungkapnya lebih lanjut.

Bantuan buku tersebut, diharapkan dapat mendukung Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Jayapura dalam hal penyediaan buku-buku bacaan, baik bacaan untuk orang dewasa, seperti novel, buku ilmu dan pengetahuan, juga buku bacaan untuk anak-anak TK/PAUD, SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.

Selain itu, juga untuk menambah daya baca atau wawasan, juga mengembangkan minat baca warga di kampung-kampung melalui taman baca.

Dikatakan, kedepan pihaknya juga akan mendorong untuk Taman Baca yang terbaik agar bisa dijadikan  perpustakaan digital.

“Untuk itu kami juga sudah minta data-data dari Perpustakaan Kabupaten Jayapura berapa rumah baca yang ada di Kabupaten Jayapura, untuk kita support jaringan internet dari visat,” ujarnya.[yat]